TribunJabar/

BPJS Kesehatan Perluas Kanal Pendaftaran dengan Virtual Service

Syaratnya, kata Irma, calon peserta yang mendaftar via telepon harus menyiapkan beberapa informasi yang akan ditanyakan

BPJS Kesehatan Perluas Kanal Pendaftaran dengan Virtual Service
TRIBUN JABAR/Yudha Maulana
Kepala BPJS Cabang Soreang, dr Irmajanti Lande Batara (kiri) dan ┬áKepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan (HK2) BPJS Kesehatan Soreang Nuke Paulin Sinungan (kanan) berfoto dengan dropbox pendaftaran JKN-KIS yang akan disebarkan di setiap kecamatan dan kelurahan di Kabupaten Bandung pada Senin (15/5/2017). 

SOREANG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Demi memudahkan masyarakat untuk menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan memperluas kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftaran melalui telepon, yaitu BPJS Kesehatan Care Center 1500-400 atau Virtual Service

Kepala BPJS Cabang Soreang, dr. Irmajanti Lande Batara, mengatakan calon peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri dapat dengan mudah menjadi peserta JKN-KIS tanpa perlu datang ke kantor cabang. Cukup menghubungi 1500-400, calon peserta bisa melakukan pendaftaran.

Syaratnya, kata Irma, calon peserta yang mendaftar via telepon harus menyiapkan beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas Care Center seperti nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor handphone, alamat email dan alamat tempat tinggal untuk pengiriman kartu JKN-KIS. 

Irma mengatakan, calon peserta akan mendapatkan Virtual Account (VA) yang dikirimkan ke nomor ponsel  atau email calon peserta. Setelah mendapatkan VA, calon peserta wajib  untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan. Peserta yang mendaftar via Care Center1500-400 wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. 

Setelah pembayaran iuran, kartu peserta JKN-KIS akan dikirimkan ke alamat yang telah diinformasikan saat mendaftar.

“Upaya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada peserta yang juga menjadi salah satu fokus utama BPJS Kesehatan di tahun 2017, BPJS Kesehatan harus mengembangkan berbagai terobosan dan inovasi serta meningkatakan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan,” kata Irma di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang, di Jalan Raya Soreang-Banjaran, Kp Ciburial Timur No 385 A, Soreang, Kab Bandung, Senin (15/5/2017).

Irma menambahkan, Care Center 1500-400  tersebut tak hanya melayani pendaftaran semata. Namun, disediakan juga layanan Tanya Dokter melalui metode teleconsulting dimana peserta JK-KIS dapat melakukan konsultasi kepada dokter umum. Di samping itu, layanan Care Center 1500-400 juga membuka layanan penyediaan informasi dan pengaduan.

BPJS Kesehatan pun membuka perluasan pendaftaran untuk mengejar target universal coverage 2019 pun, melalui sistem dropbox di Kantor Cabang BPJS, kantor kelurahan, kantor kecamatan serta pendaftaran melalui mitra kerja BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Irma mengatakan bahwa pada 2016 lalu angka kepuasan peserta cukup tinggi yakni 78,6 %. “Tahun ini kita menargetkan angka kepuasan bisa mencapai 80%, oleh karenanya berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk dapat memenuhi target tersebut,” ujarnya.(dam)

Penulis: Yudha Maulana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help