TribunJabar/

PMI Purwakarta Targetkan 1.500 Labu Darah Hingga Usai Lebaran

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purwakarta menargetkan labu darah hingga 1500 labu darah selama . . .

PMI Purwakarta Targetkan 1.500 Labu Darah Hingga Usai Lebaran
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI: Seorang petugas menata labu darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jalan Aceh, Selasa (3/4).

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purwakarta menargetkan labu darah hingga 1500 labu darah selama bulan Ramadan tahun ini. Angka itu untuk mengantisipasi tingginya angka kebutuhan darah.

"Ramadan tahun kemarin kami ada 1250 kantong. Nah untuk tahun ini kami targetkan 1500 kantong sudah tersedia untuk kebutuhan H - 1 Ramadan hingga dua minggu pascaLebaran,'' kata Ketua PMI Purwakarta, Lalam Martakusuma melalui ponselnya, Minggu (14/5).

Menurutnya, stok darah yang dimiliki oleh Unit Donor Darah (UDD) PMI Purwakarta berjumlah 422 kantong yang merupakan stok komponen. Jika dibandingkan stok darah pada Ramadan tahun kemarin, lanjut Lalam, jumlah ini masih bisa memenuhi permintaan darah untuk wilayah Purwakarta dan sekitarnya.

Bahkan hingga kini Purwakarta telah menyumbang kebutuhan darah di sejumlah rumah sakit daerah tetangga semisal Subang dan Karawang.

"Kemarin kami kirim ke Rumas sakit Subang karena kita juga bekerja sama dengan PMI lain untuk kebutuhan darah kita pun jika disini kosong bisa ngambil di PMI lain," katanya.

Pada kesempatan itu, ia memastikan stok darah untuk Kabupaten Purwakarta dan sekitarnya selama bulan suci Ramadan tahun 2017 di pastikan aman.

"Sampai sejauh ini stok darah aman tak ada kendala, Insha Allah cukup sampai Idul Fitri, kami masih bisa menyuplai kebutuhan darah," katanya.

Hingga saat ini jumlah stok darah yang tersedia di UDD PMI Purwakarta yaitu, golongan darah A 90 labu, B 88 labu, O 235 labu dan AB 9 labu. Sementara untuk jumlah trombosit yang tersedia yaitu, golongan darah A 5 labu B. 8 Labu, O 9 Labu, dan AB 2 Labu.

Lalam menambahkan, saat ini timnya tengah berjibaku mencukupi target kebutuhan darah di Purwakarta dengan aksi penggalangan donor darah diberbagai tempat, seperti sekolah, serta menjalin kerja sama di beberapa tempat lainya.

Selain itu, saat ini PMI Purwakarta kini telah memiliki alat pengolah darah menjadi trombosit berkat bantuan Pemkab Purwakarta.

"Kalau dulu sih jika masyarakat membutuhkan trombosit biasanya direkomenasikan ke tempat lain karena keterbatasan sarana tetapi, berkat bantuan Bupati Purwakarta sekarang kami telah memiliki alat pengolahan trombosit berikut fasilitas lainnya,'' ujar dia. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help