TribunJabar/

Keindahan Seni Keramik, Anak-anak Pun Senang Bermain Tanah Liat dan Melukis

Kegiatan tersebut sangat baik untuk anak-anak, terutama untuk perkembangan motorik dan keseimbangan otak kanan dan kirinya.

Keindahan Seni Keramik, Anak-anak Pun Senang Bermain Tanah Liat dan Melukis
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
WORKSHOP KERAMIK - Seniman keramik, Khang Chia Huie berbagi ilmu cara membuat keramik lewat workshop yang diikuti puluhan anak-anak pada festival seni yang diselenggarakan ROSA Art Center, di De Paviljoen Hotel, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Minggu (7/5/2017). Pada acara tersebut, Khang Chia juga memamerkan keramik hasil karyanya yang sudah diekspor ke sejumlah negara di Asia, Eropa, dan Amerika. 

Laporan Lutfi Ahmad Mauludin

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Puluhan anak terlihat gembira dan senang bermain tanah liat bersama membentuk benda sesuai keinginannya masing-masing dan melukis sesuka hatinya di Hotel De Paviljoen, Jalan Riau Kota Bandung, Minggu (7/5/2017).

Mereka belajar sambil bermain dalam acara Art On The Plaza, yang digelar 6-7 Mei. Acara tersebut diisi dengan pameran seni keramik dan lukis, serta terdapat workshop yang diperuntukan untuk anak-anak.

Seniman Kramik, Khang Chai Huei, memaparkan, kegiatan tersebut sangat baik untuk anak-anak, terutama untuk perkembangan motorik dan keseimbangan otak kanan dan kirinya.

"Sebenernya anak-anak sudah mempunyai ketertarikan sendiri karena hampir semua anak di manapun kita temui, kalau dikasih mereka akan berkarya dengan tanah liat," ujar Khang di sela workshop.

PAMERAN KERAMIK - Seniman keramik, Khang Chia Huie berbincang dengan pengunjung yang sedang melihat keramik hasil karyanya pada festival seni yang diselenggarakan ROSA Art Center, di De Paviljoen Hotel, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Minggu (7/5/2017). Pada pameran tersebut, Khang Chia juga berbagi ilmu cara membuat keramik lewat workshop yang diikuti puluhan anak-anak.
PAMERAN KERAMIK - Seniman keramik, Khang Chia Huie berbincang dengan pengunjung yang sedang melihat keramik hasil karyanya pada festival seni yang diselenggarakan ROSA Art Center, di De Paviljoen Hotel, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Minggu (7/5/2017). Pada pameran tersebut, Khang Chia juga berbagi ilmu cara membuat keramik lewat workshop yang diikuti puluhan anak-anak. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

Anak-anak itu dikatakan Khang, menyukai tanah liat karena merupakan media yang pleksibel bisa dipencet, dipukul, lempar dan dibentuk apapun sesuai keinginannya. Lanjut Khang anak-anak yang mengikuti workshop kemarin mulai 3-8 tahun baik laki-laki atau perempuan, jumlahnya sekitar 40 anak.

"Adapun anak-anak mempunyai daya hayal yang luar biasa dalam masa pertumbuhannya, mereka senang, dengan tanah liat ada yang membuat bola, bapau, es krim, burger, dan lainnya sesuai keinginannya," ujar dia.

Khang mengatakan, hanya dengan memberikan pemicu kecil bagi anak-anak, mereka akan berkarya dan meledaknya luar biasa.

"Pemicunya kita dekatin dia, jelaskan kita bermain dan memperlihatkannya kepada mereka lalu ia akan tertarik dengan sendirinya," ujarnya.

Dikatakan Khang, awalnya anak-anak sikasih contoh tekniknya, membuat sesuai arahan dan selanjutnya bebas membuat apapun karena anak-anak harus dibebaskan supaya kreatif.

Halaman
123
Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help