TribunJabar/

Pilwalkot Bandung

Ini Urutan Nama yang Dipilih Warga Bandung untuk Menjadi Wali Kota hasil Survei BBI

BBI melakukan kinerja secara independent menjunjung tinggi nilai-nilai intelektual menyajikan hasil kerja berupa penemuaan, pengkajiaan

Ini Urutan Nama yang Dipilih Warga Bandung untuk Menjadi Wali Kota hasil Survei BBI
(TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR)
Ilustrasi. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kursi Bandung satu atau jabatan Wali Kota Bandung akan menjadi rebutan setelah Ridwan Kamil menyatakan maju bakal calon Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023.

Untuk mencari pengganti Kang Emil sapaan Ridwan Kamil Lembaga Survey Barometer Bandung Institute (BBI) melakukan pengkajian

Ketua Tim Peneliti BBI Surahman, mengatakan survai Elektabilitas Calon Bakal Wali kota Bandung 2018-2023, sejumlah nama berhasil masuk penjaringan.

"BBI melakukan kinerja secara independent menjunjung tinggi nilai-nilai intelektual menyajikan hasil kerja berupa penemuaan, pengkajiaan, research dan lain-lain dengan budaya akademisi," ujar Surahman di Jalan Merdeka, Sabtu (06/05).

Menurut Surahman, survei yang dilaksanakan antara lain menetapkan pemilihan metode, menetapkan lokasi dan objek penelitian, teknik menetapkan jumlah sampel, teknik penarikan sampel, menentukan definisi konseptual dan operasional, teknik pengumpulan data, analisi data, pra publikasi hasil penelitian dan publikasi survei.

Dari hasil survey , sejumlah kriteria calon pemimpin yang diharapkan masyarakat Kota Bandung berhasil dirangkum. .
Metoda penelitian mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Pendekatan pada peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.

Lokasi penelitian, kata dia, dilaksanakan di Kota Bandung dengan objek penelitian adalah masyarakat Kota Bandung yang memiliki hak memilih dalam Pilkada Kota Bandung 2018. Sementara teknik yang digunakan berbasis Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Presiden 2014 dimana DPT Kota Bandung berjumlah 1.695.000 pemilih.

“Jumlah sampel adalah 400 responden yaitu 200 perempuan dan 200 laki-laki dengan latar belakang pendidikan, etnis, suku, agama hingga pekerjaan yang beragam. Tingkat kepercayaan 95% dan margin error sebesar 5% yang diambil dari 30 kecamatan dan 155 kelurahan di Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel dimana populasi dapat dibagi menurut suatu karakteristik. Survai dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 15 Januari 2017,” katanya.

Hasil survai elektabilitas bakal calon Wali Kota Bandung 2018-2023 Ridwan Kamil masih di posisi teratas dengan jumlah persentasei 31,07 % disusul Yossi Irianto dengan persentase 20,29% di urutan dua sebagai bakal calon paling diminati warga Kota Bandung menjadi Wali Kota Bandung periode 2018-2023. Yossi Irianto saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bandung. Urutan tiga Oded M Danial (11,72%) kemudian disusul Tedy Rusmawan (7,25%), Erwan setiawan (6,46%), TB Fiki Satari (4,96%), Haru Suandaru (4,22%) dan sejumlah nama lain di urutan berikutnya seperti Tate Qomarudin, Ayi Viavananda, Edwin Sanjaya, Farhan, Arfiana Rafnialdi, Ricky Subagja, Achmad Nugraha, Deden Rumaji dan sejumlah nama lainnya.

“Nama-nama ini berhasil dijaring berdasarkan kriteria yang diharapkan warga dari sosok Wali Kota Bandung ke depan diantaranya adalah memiliki pengalaman dalam jabatan fformal di pemerintahan, sale, cendekiawan, populer, dekat dengan masyarakat, keberhasilan di bidang usaha dan tentunya dipercaya mampu membangun Kota Bandung di masa yang akan datang dan menjadikan Kota Bandung lebih baik lagi,” ujar Surahman. (tsm)

Penulis: tsm
Editor: dia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help