TribunJabar/

Jelang Ramadan, Polisi dan Jajaran Pemkab Pantau Sembako di Pasar Lembang

Tindak lanjut permintaan Presiden Joko Widodo kepada Kapolri untuk membantu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan sembako menjelang Ramadan . . .

Jelang Ramadan, Polisi dan Jajaran Pemkab Pantau Sembako di Pasar Lembang
TRIBUN JABAR/MUMU MUJAHIDIN
Kapolsek Lembang Kompol Widarjo didampingi pihak UPT Pasar Panorama Lembang melakukan pengawasan kestabilan harga sembako jelang ramadhan nanti di Pasar Panorama Lembang, Jumat (5/5/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

LEMBANG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Tindak lanjut permintaan Presiden Joko Widodo kepada Kapolri untuk membantu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan sembako menjelang Ramadan hingga Idulfitri nanti, jajaran kepolisian Polsek Lembang turun langsung untuk memantau persediaan barang ke pasar tradisional, Jumat (5/5/2017).

Berdasarkan keterangan dari sejumlah pemilik grosir di Pasar Panorama Lembang Kabupaten Bandung Barat yang didatangi polisi, saat ini stok persediaan barang masih aman dan bÄ·elum ada lonjakan permintaan yang signifikan dari konsumen.

"Hingga hari ini belum ada peningkatan permintaan dari konsumen, cenderung masih stabil," terang Sanjun Solihin (54), pemilik toko grosir sembako di Pasar Panorama Lembang, tadi siang.

Akan tetapi, menurutnya, tiga pekan jelang bulan puasa harga telur biasanya mulai merangkak naik hingga Rp 20 ribu per kilogram. Diperkirakan, naiknya harga ini dipengaruhi oleh naiknya ongkos transportasi karena dikirim dari daerah Jawa.

"Kalau normalnya, harga telur bisa di bawah Rp 18 ribu per kilogram. Tapi jelang puasa atau lebaran bisa naik jadi di atas Rp 20 ribu per kilogram," tuturnya.

Untuk menjaga ketersediaan barang yang akan terus meningkat sampai jelang masuk bulan puasa, Sanjun mengaku sudah menambah stok persediaan barang dagangannya yang rata-rata mencapai 10 persen dari stok di hari-hari biasa.

"Sudah ada penambahan, seperti minyak curah, kacang-kacangan, beras, terutama telur," katanya.

Pedagang grosir sembako lain Nengsih (46) juga mengaku sudah menambah persedian barang untuk antiaiapasi lonjakan permintaan barang jelang bulan ramadhan nanti. "Dari sekarang sudah ditambah, apalagi nanti jelang lebaran penambahannya bisa hingga 50 persen lebih. Kalau kenaiakan harga pasti akan ada karena permintaan pasar meningkat," ujarnya.

Seusai menjumpai sejumlah pedagang, Kapolsek Lembang Kompol Widarjo mengatakan harga-harga sembako masih stabil. Kalau pun ada kenaikan, hal itu hanya sedikit saja dan belum berdampak pada kelangkaan barang di pasar.

"Berdasarkan keterangan yang disampaikan pedagang, stok dan harga barang masih aman, belum ada peningkatan yang berarti," ujarnya di Pasar Panorama Lembang tadi siang seusai melakukan pemantauan.

Guna mengantisipasi adanya penimbunan barang, oleh pedagang besar yang kerap memanfaatkan bulan puasa nanti polisi bersama dinas terkait akan rutin turun ke pasar untuk mengimbau pedagang. Widarjo berharap, pedagang tidak memanfaatkan momen demi untuk meraup keuntungan pribadi.

"Kami minta masyarakat juga ikut terlibat mengawasi peredaran dan ketersediaan barang agar terus bisa stabil hingga lebaran nanti. Bagi penimbun barang kami akan tindak tegas," ukarnya. (mud)

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help