TribunJabar/

Kepala Desa di Purwakarta Diminta Mendata Nomor Telepon Warga, Ada Apa Ya?

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengintruksikan agar seluruh pemerintahan desa memiliki nomor telepon warga.

Kepala Desa di Purwakarta Diminta Mendata Nomor Telepon Warga, Ada Apa Ya?
TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat menyambangi Gempungan di Buruan Urang Lembur, di halaman Kantor Kecamatan Bungursari, Rabu (3/5). 

PURWAKARTA,TRIBUNJABAR.CO.ID -Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengintruksikan agar seluruh pemerintahan desa memiliki nomor telepon warga. Tujuannya, agar pesan-pesan pemerintah bisa disampaikan serentak.

Dedi menjelaskan, misalnya, saat musim pancaroba, maka berbagai konsekuensi gangguan kesehatan bisa muncul. Termasuk, soal kondisi lingkungan yang bisa jadi sumber penyakit karena tingginya curah hujan.

"Tugas Dinas Kesehatan memberi informasi hal-hal yang perlu dilakukan oleh warga seperti jaga pola dan makanan yang dikonsumsi, buang genangan air supaya tidak jadi sumber penyakit. Nah nanti pesan-pesan itu dikirim via SMS serentak ke seluruh warga di desa setempat, makanya kepala desa harus mendata nomor telpon warganya, " kata Dedi saat menghadiri Gempungan di Buruan Urang Lembur di kantor Kecamatan Bungursari, Rabu (3/5).

Pada kesempatan itu, ia menyambangi kantor Puskesmas Bungursari dan mendapat banyak pasien mengeluhkan Inpeksi Saluran Pernafasan Akut (Ispa) pada anak-anak. Menurutnya, pola pelayanan kesehatan saat ini harusnya menekankan pada pencegahan.

"Dengan menyebar informasi-informasi soal pencegahan penyakit, maka beban pemerintah bisa berkurang karena anggarannya tidak terus-terusan membiayai orang sakit, tapi mencegah orang sakit," katanya.

Termasuk juga soal program keluarga berencana (KB). Setiap keluarga yang berada di usia subur wajib diingatkan tentang mengatur pola reproduksi.

"Dinkes juga harus mendata pasangan subur. Setiap jam 21.00 kirimi pesan SMS mengingatkan agar ingat lho anaknya sudah banyak, gunakan alat kontrasepsi atau ikuti program KB," katanya.

Pada kesempatan itu, sejumlah pelayanan publik digelar seperti pelayanan dokumen kependudukan, PBB, pelayanan kesehatan hingga perizinan. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help