TribunJabar/

Kesehatan

Mungkin Anda Sedang Mengalami Stres Keuangan, Kenali Ciri-cirinya

Stres keuangan bisa menyebabkan kondisi pikiran dan fisik menjadi buruk. Bahkan terkadang membawa pengaruh negatif

Mungkin Anda Sedang Mengalami Stres Keuangan, Kenali Ciri-cirinya
oddee.com
Illustrasi. 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Stres merupakan sesuatu hal yang wajar dialami oleh banyak orang. Banyak sekali penyebab stres, salah satunya yaitu masalah keuangan. Bahkan dapat dikatakan uang adalah penyebab utama stres yang dialami seseorang.

Stres dalam masalah keuangan tentunya bahkan tentunya lebih berisiko dibandinkan penyebab lainnya. Mengalami stres dalam hal keuangan akan membuat Anda merasa membawa beban yang cukup banyak.

Stres keuangan bisa menyebabkan kondisi pikiran dan fisik menjadi buruk. Bahkan terkadang membawa pengaruh negatif yang cukup banyak pada kesehatan fisik dan mental Anda. Lalu bagaimana ciri-ciri jika sedang mengalami stres keuangan?

Berikut ini penjelasannya.

1.    Cemas dan depresi

Hal yang paling terlihat ketika sedang mengalami stres keuangan adalah rasa cemas dan depresi yang tentang kondisi keuangan Anda. Biasanya orang yang mengalami stres keuangan akan merasa takut menerima panggilan  telepon apalagi jika berasal dari pihak penagih utang.

Tentunya jika mengalami hal tersebut, Anda harus melakukan terapi keuangan yang dapat membantu mengurangi perasaan depresi tersebut. Bila ini terus dibiarkan, maka depresi yang

Anda alami akan semakin parah setiap waktunya. Anda akan mengalami susah tidur, cemas berlebih bahkan bisa mengalami depresi berat. Bahkan menurut peneliatan yang ada stres keuangan dapat 6 kali berisiko seseorang mengalami depresi berat dibandingkan masalah lainnya.

2.    Tagihan atau cicilan menunggak

Jika biasanya membayar semua tagihan seperti rumah, mobil motor, dan lainnya tepat waktu, namun kini Anda mulai telat membayar tagihan tersebut menjadi ciri sedang mengalami stres keuangan. Tentunya hal ini merupakan kebiasaan buruk yang perlu dirubah.

Halaman
123
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help