TribunJabar/

Cara Mengemas Durian dan Oleh-oleh Lain yang Baunya Menyengat

Berikut ini cara mengolah dan menyimpan lima makanan dengan aroma menyengat yang kerap . . .

Cara Mengemas Durian dan Oleh-oleh Lain yang Baunya Menyengat
London Korean Links
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.CO.ID - MAKANAN dan aroma adalah dua hal yang jelas tidak bisa dipisahkan. Sebuah aroma akan menentukan selera makan seseorang.

Namun bagaimana jika makanan memiliki aroma yang sangat menyengat? Ada beberapa makanan dengan aroma menyengat yang kerap dijadikan oleh-oleh. Berikut ini cara mengolah dan menyimpan lima makanan dengan aroma menyengat yang kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke daerah penghasil makanan tersebut.

1. Durian

Pada beberapa orang, mencium aroma durian yang tajam dan menyengat akan membuat pusing, bahkan sampai merasa mual dan muntah.

Bagi mereka yang tak suka, aroma durian dianggap sangat mengganggu. Bahkan di beberapa negara, terdapat peraturan larangan membawa durian di tempat-tempat umum dan di pesawat.

Agar aromanya tidak mengganggu, simpan durian dalam wadah yang memiliki tutup, kemudian masukkan ke dalam wadah kedap udara yang lebih besar, taburi dengan biji kopi.

Di beberapa pusat durian seperti di Medan, pedagang sudah ahli dalam mengemas durian agar aromanya tidak berbau. Jangan lupa saat dibawa dengan pesawat, jangan ditaruh dalam kabin, melainkan masukan dalam bagasi check-in.

2. Terasi

Bagi Anda yang suka memasak, bumbu dapur satu ini pasti tak asing lagi. Dengan menambahkan terasi akan membuat masakan lebih segar dan beraroma.

Ada beberapa daerah di Indonesia yang merupakan penghasil terasi berkualitas. Contohnya terasi dari Bangka yang kerap dijadikan oleh-oleh. Oleh-oleh semacam ini cocok diberikan ke kerabat yang doyan memasak.

Halaman
12
Editor: ddh
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help