TribunJabar/

Gandeng BPKP Jabar, Kodam III/Siliwangi Perbaiki Tata Kelola Keuangan

Kodam III/Siliwangi menjalin kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jabar, . . .

Gandeng BPKP Jabar, Kodam III/Siliwangi Perbaiki Tata Kelola Keuangan
siliwangi.mil.id
ILUSTRASI: Kodam III/Siliwangi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Kodam III/Siliwangi menjalin kerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jabar, Rabu (26/4/2017).Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Markas Kodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI M Herindra, mengatakan, kerja sama itu berkaitan dengan penerapan tata kelola akuntabilitas keuangan yang baik dan pemerintahan yang bersih di lingkungan Kodam III/Siliwangi. Kerja sama itu juga upaya dari Kodam III/Siliwangi untuk memperbaiki kualitas kinerja dan pengelolaan anggaran diseluruh satuan jajaran Kodam III/Siliwangi.

"Harapannya di masa yang akan datang predikat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP dapat kembali diraih," kata Herindra.

Herindra menambahkan, adanya kerja sama itu juga untuk membuat jajarannya tak ragu lagi berkoordinasi dengan BPKP Jabar. Jajarannya bisa langsung memintapendampingan kepada pihak BPKP Provinsi Jabar terkait dengan tata kelola keuangan yang sudah diatur di dalam nota kesepahaman.

"Pendampingan itu meliputi, proses penerimaan hibah, pengelolaan manajemen aset, pengelolaan keuangan yang bersumber dari APBN dan non-APBN, serta proses pengadaan barang dan jasa, karena Mou ini dapat digunakan sebagai dasar hukum yang jelas," ujar Herindra.

Herindra mengatakan, pihaknya juga akanmeminta jajarannya agar serius dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan kegiatan tata kelola dan akuntabilitas keuangan. Sebab, kata dia, pihaknya juga harus dapat mempertanggungjawabkan secara baik dan benar.

"Semua uang negara ini diperoleh dari rakyat untuk mendukung kegiatan kita. Saya tekankan kepada Danrem dan Dandim yang berhubungan dengan pemda di daerah, agar berhati-hati dalam tata kelola keuangan," kata Herindra. (cis)

Penulis: cis
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help