TribunJabar/

Liburan Terganggu, Jalan Menuju Area Wisata Taman Bunga Nusantara Ambles

Wisatawan yang berakhir pekan panjang di Cianjur mungkin sedikit terganggu. Jalan menuju ke tempat wisata Taman Bunga Nusantara ambles.

Liburan Terganggu, Jalan Menuju Area Wisata Taman Bunga Nusantara Ambles
tribunjabar/dian nugraha ramdani
Kondisi Jalan ambles, Sabtu (22/4/2017). Jalan ini menghubungkan jalan Raya Puncak ke tempat wisata Taman Bunga Nusantara. 

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Wisatawan yang berakhir pekan panjang di Cianjur mungkin sedikit terganggu. Jalan menuju ke tempat wisata Taman Bunga Nusantara ambles.

Jalan ambles itu ada di atas gorong-gorong untuk aliran sungai Sukanagalih. Sungai selebar 3 meter. Lokasi jalan ambles ini berada Kampung Sukadami, RT02/05 Desa Sukanagalih Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur.

Warga mengatakan, jalan tersebut sudah mengalami retak-retak sejak Rabu (19/4/2017). Namun, kendaraan yang melintas baik angkot, mobil pribadi, maupun bus dan mobil boks bermuatan barang terus berlangsung.

"Kamis sore, satu sisi jalan ambrol, tapi cuma sedikit. Itu juga karena terinjak oleh seseorang yang mengakibatkan orang tersebut terperosok hingga sedalam dada," ujar Yandri Rustandi (30), warga setempat di lokasi jalan ambles, Sabtu (22/4/2017).

Perempuan yang terperosok itu bernama Nur Ajizah (25) warga Kampung Sukadami yang melintas jalan tersebut sepulang dari warung. Dia sendirian dan setelah dia ditolong warga, kendaraan masih terus dibiarkan melintas.

"Awalnya di sebelah kiri jalan (dari arah Puncak) yang ambrol. Kemudian satu lagi di kanan. Sudah begitu, baru warga ambil inisiatif untuk menyetop kendaraan yang lewat," ujar Yandri.

Jumat (21/4/2017), petugas dari Dinas Pekarejaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) datang ke lokasi, kata Yandri. Mereka memeriksa kondisi jalan dengan cara membuat bagian yang tersisa rubuh.

"Baru terlihat setelah dirubuhkan bahwa salah satu fondasi gorong-gorong roboh dan menimpa sisi lainnya. Tapi air sungai masih bisa mengalir," ujarnya.

Kini, tak satupun kendaraan bisa melintas. Lebar jalan sepanjang 7 meter tak menyisakan celah kecuali untuk pejalan kaki. Jalan itu ambles dengan lebar sekitar 1,5 meter dengan kedalaman 3 meter. Dari tempat ini ke Taman Bunga Nusantara sekitar 3 kilometer. (ram)

Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help