TribunJabar/

Warga Cimahi Belajar Kenali Ikan Bermutu dan Aman Konsumsi

Kepala BKIPM Bandung Dedy Arief Hendriyanto, mengatakan masih banyak masyarakat Kota Cimahi yang belum mengenal ikan sehat

Warga Cimahi Belajar Kenali Ikan Bermutu dan Aman Konsumsi
TRIBUN JABAR/NAZMI ABDURRAHMAN
Petugas dari badan karantina ikan pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan kementrian kelautan (BKIPM) memberikan penjelasan kepada masyatakat tentang ikan jenis ikan yang sehat, aman dan layak dikonsumsi di kantor BKIPM Bandung, Jalan Ciawitali, Kota Cimahi, Jumat (21/4/2017). 

CIMAHI, TRIBUNJABAR.CO.ID -- Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan (BKIPM-KKP), menggelar sosialisasi ikan bermutu dan aman dikonsumsi, di BKIPM-Bandung Jalan Ciawitali Kota Cimahi, Jumat (21/4/2017).

Kegiatan yang dihadiri sejumlah warga Kota Cimahi itu merupakan rangkaian dari Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan, yang digelar serentak secara nasional.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah warga diberikan pengetahuan tentang jenis ikan yang sehat, aman dan layak konsumsi. Dilihat dari tampak luar maupun pemeriksaan dalam.

Kepala BKIPM Bandung Dedy Arief Hendriyanto, mengatakan masih banyak masyarakat Kota Cimahi yang belum mengenal ikan sehat dan layak konsumsi itu seperti apa.

"Nanti setelah dapat ilmunya, langsung dilakukan praktek cara pengolahan ikan yang baik dan benar, sehingga mutu pangan tetap terjaga," ujar Dedy, saat ditemui disela kegiatan, di kantor BKIPM-Bandung, Jalan Ciawitali Kota Cimahi, Jumat (21/4/2017).

Ditemui ditempat yang sama, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Huzen Rachmadi, menambahkan jika tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Cimahi, dilihat dari pola pangan harapan dan rancah bahan makanan masih rendah di bawah standar nasional.

"Makanya Kami sangat mendukung kegiatan ini, agar masyarakat tahu. Kami juga akan berkolaborasi dengan BKIPM-Bandung untuk terus mengedukasi masyarakat agar meningkatkan angka konsumsi ikan masyarakat Kota Cimahi," ujar Huzen.

Dikatakan Huzen, pihak pemerintah Kota Cimahi juga akan melakukan kerjasama dalam pengecekan mutu benih ikan hias di balai benih ikan Kota Cimahi. Hal itu dilakukan agar mendapat sertifikasi dan layak ekspor.

"Juga ada kerjasama dalam pemberian sertifikat penerapan standar penanganan ikan yang benar kepada pasar modern," katanya. (Naz)

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help