Peringati Hari Kartini, Pelajar SMK BPI Gelar Bakti Sosial di Pasar Palasari

Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April ini dengan berbagai kegiatan kebudayaan, festival, bahkan upacara

Peringati Hari Kartini, Pelajar SMK BPI Gelar Bakti Sosial di Pasar Palasari
tribunjabar/cipta permana
Beberapa siswi SMK BPI Bandung, melakukan kegiatan GPS dalam rangka bakti sosial memperingati Hari Kartini di lingkungan sekitar Pasar Palasari, Jalan Palasari, Kota Bandung. Jumat (21/4) 

BANDUNG,TRIBUNJABAR.CO.ID - Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April ini dengan berbagai kegiatan kebudayaan, festival, bahkan upacara mengenakan pakaian adat kebaya mungkin sudah lazim dilakukan oleh siapapun.

Namun apa jadinya bila peringatan Hari Kartini ini dengan cara berbeda, yakni melakukan kegiatan sosial, seperti gerakan pungut sampah (GPS) dan membersihkan toilet umum di sebuah pasar.

Inilah yang dilakukan oleh Alif Gufron Pratama (16) siswa kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK BPI Bandung bersama puluhan siswa pengurus OSIS SMK BPI Bandung lainnya, yang melakukan kegiatan bakti sosial dan gerakan pungut sampah (GPS) di Pasar Palasari Bandung. Jumat (21/4/2017).

Berbekal peralatan kebersihan seperti sapu lidi, pengki, kantung kresek sampah, dan juga sarung tangan, dalam kegiatannya tim yang dibagi dalam dua kelompok, putra dan putri tersebut, tanpa ragu menyusuri setiap pelosok Pasar Palasari Bandung guna memungut sampah yang berserakan di lingkungan tersebut sejak pukul delapan pagi.

Setiap sudut di dalam pasar serta halaman parkir kendaraan di wilayah tersebut nyaris tidak terlewatkan oleh para siswi yang mengunakan pakaian olah raga khas sekolah BPI tersebut, 
dalam hal memungut sampah. Sampah-sampah yang berhasil terkumpul yang diantaranya dedaunan, plastik, sayuran, dan beraneka bungkus makanan kemudian di masukan kedalam kantung kresek berwarna hitam, dalam waktu singkat sampah yang terkumpul pun mencapai empat kantung sampah penuh berukuran besar.

Begitupula dengan yang dilakukan oleh tim putra yang bertugas membersihkan toilet umum di pasar tersebut. Dalam aksinya mereka tampak sibuk menyikat lantai, membersihkan saluran air, bahkan membersihkan tempat membuang hajat masyarakat pasar yang kotor dan bau oleh aroma air seni dan kotoran.

Namun tanpa rasa jijik sedikit pun,  mereka pun melakukan kerja bakti tersebut dengan peralatan seadanya, seperti sapu lidi, sikat panjang, dan lap pel, tidak ketinggalan cairan pembersih lantai juga pewangi ruangan.

Dalam hitungan jam kondisi toilet pun berubah menjadi lebih bersih dan wangi dari sebelumnya.

Kepala Sekolah SMK BPI Bandung, Akhmad  Budi Utomo mengatakan dalam kegiatan yang bertajuk "Dengan Semangat Kepahlawanan R.A Kartini, SMK BPI Kota Bandung Janji Bakti Pada Pertiwi" tersebut, pihaknya ingin menanamkan rasa kepedulian sosial yang tinggi serta kedisiplinan terhadap lingkungan sekitar dengan membantu masyarakat khususnya di fasilitas umum.

Akhmad mengaku kegiatan bakti sosial dan GPS ini selalu dilakukan oleh pihaknya dalam berbagi kesempatan, termasuk saat momen hari besar nasional seperti ini, yang biasanya dilakukan di lingkungan sekitar sekolah.

Dalam momen Kartini ini pihaknya memutuskan keluar dari zona sekolah, dan memilih kawasan Pasar Palasari sebagai tempat pelaksanaan GPS dan Bakti Sosial SMK BPI Bandung.

"Kegiatan bakti sosial ini terdiri dari dua rangkaian acara, yaitu GPS dan pemberian bantuan alat-alat kebersihan bagi Pasar Palasari Bandung. Ini merupakan kegiatan bakti sosial tahap pertama, selain melakukan GPS dan membersihkan toilet umum, kami pun berencana akan mengecat tembok toilet tersebut agar tampak lebih indah, rapi, dan bersih dari sebelumnya," ujar Akhmad kepada Tribun yang ditemui di sela acara bakti sosial Pasar Palasari di Jalan Palasari, Kota Bandung, Jumat (21/4).

Sementara itu Kepala PD Pasar unit Palasari, Maria Susilawati mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para siswa pengurus OSIS SMK BPI Bandung. Menurutnya sikap yang ditunjukan oleh para siswa tersebut mencerminkan bahwa terdapat rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan sekitar, yang belum tentu dimiliki oleh generasi muda lainnya.

"Kami sangat berterima kasih dan kagum dengan apa yang dilakukan para siswa-siswi SMK BPI ini, karena sangat jarang sekali ada pelajar yang bersedia terjun langsung ke lingkungan pasar untuk beraktivitas sosial seperti ini," ujarnya di lokasi yang sama.(dd)

Penulis: Cipta Permana
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help