TribunJabar/

Febri dan Zola Absen Lawan PS TNI, Persib Sudah Ada di Bogor Lakukan Persiapan

Dua pemain U-23 andalan Djanur, Febri Hariyadi dan Gian Zola, absen lawan PS TNI lantaran harus bergabung lagi dengan Luis Milla di timnas U-22

Febri dan Zola Absen Lawan PS TNI, Persib Sudah Ada di Bogor Lakukan Persiapan
TRIBUN JABAR / DENI DENASWARA
Illustrasi pemain muda Persib Bandung latihan. Foto ini diambil Kamis (17/12/2015), pemain diklat Persib Gian Zola (tengah) meloloskan diri dari kawalan Muhammad Taufik saat mengikuti gim internal di Lapangan Sesko AD, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Bandung. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Dua pemain U-23 andalan Djanur, Febri Hariyadi dan Gian Zola, absen lawan PS TNI lantaran harus bergabung lagi dengan Luis Milla di timnas U-22 Indonesia.

Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, enggan mengambil risiko untuk memainkan Michael Essien dan Carlton Cole jika urusan administrasi keduanya belum tuntas.

Pada Kamis (20/4), Djadjang tetap menyertakan Essien dan Cole dalam rombongan ke Bogor untuk pertandingan melawan PS TNI di Stadion Pakansari, Sabtu (22/4). Namun, hingga pada hari yang sama, mereka belum mengantongi kartu izin tinggal terbatas (Kitas).

Ini membuat mereka terancam dilarang bertanding. Djanur, sapaan Djadjang, enggan memasukkan Essien dan Cole di daftar line up jika masalah Kitas belum beres. Dua mantan pemain di Liga Inggris itu sempat mencicipi laga perdana Persib lawan Arema FC, pekan lalu.

Keterlibatan mereka dalam partai pembuka Liga 1 Indonesia 2017 justru langsung menuai protes keras Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang menganggap Persib pun Essien dan Cole
melanggar aturan keimigrasian, bekerja tanpa mengantongi IMTA dan Kitas.

Meski tak hanya terjadi di Persib, Essien yang tercatat sebagai mantan pemain bintang dunia dan marquee player pertama yang datang di Liga 1 segera menjadi sorotan. Tampaknya, Arsitek tim Maung Bandung menghindari masalah serupa.

"Kita lihat saja nanti, (Essien dan Cole) disahkan atau tidak. Kalau tak ada rekomendasi dari PT LIB (Liga Indonesia Baru) sehingga (Essien dan Cole) tak boleh main, ya masa saya mainkan?" katanya di mes Persib, kemarin.

Sehari sebelumnya, Djanur juga meragukan kondisi fisik dua mantan pemain di Liga Inggris itu. Bahkan, kekhawatiran Djanur tentang kebugaran Essien dan Cole lebih besar daripada kecemasan masalah Kitas yang membelit kedua pemain itu.

Sebenarnya, ucap Djanur, laga ini sangat penting bagi dua legium asing itu. Partai kontra PS TNI bisa menjadi laga tandang pertama Essien dan Cole bersama Persib, momen awal untuk makin beradaptasi dengan kondisi sepakbola Indonesia.

"Laga ini bakal jadi pembelajaran buat mereka (bahwa) sepakbola Indonesia seperti ini. Jarak yang jauh juga cuaca yang berbeda apalagi perbedaannya (cuaca di beberapa wilayah Indonesia)ekstrim. Pasti bukan hal yang mudah untuk mereka," Djanur.

Total, Djanur memboyong 21 pemain ke Bogor. Ia meninggalkan Sergio van Dijk yang masih dalam proses pemulihan cedera di Bandung. Kiper Imam Fadillah bukan bagian dari rombongan ke Bogor. Begitu juga dua pemain U-23, Billy Keraf dan Puja Abdillah. (tom)

Penulis: Tarsisius Sutomonaio
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help