TribunJabar/

Banjir

Dinas PUPR Bandung Tak Sediakan Anggaran untuk Sodetan Cisangkuy

Seperti diketahui dalam RAM-IP tersebut dinyatakan penanganan banjir di Bandung Raya akan dilaksanakan secara kompeherensif multipihak

SOREANG, TRIBUNJABAR.CO.ID – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung, Agus Nuria, tak membuat anggaran khusus untuk pengerjaan sodetan Cisangkuy di Kampung Cipendeuy, Desa Tarajusari, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung. Sebab, katanya, semua anggaran pembangunan sodetan tersebut seluruhnya berada di bawah kewenangan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum.

Agus mengatakan proyek penanganan banjir tersebut juga telah diprogramkan oleh Provinsi Jawa Barat melalui rencana aksi multipihak implementasi pekerjaan (RAM-IP) yang ditandatangani oleh  lima kepala  daerah di Jawa Barat, yakni Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kabupaten Sumedang.

“Sudah ada program kegiatan, kaitannya dengan RAM-IP untuk menangani masalah banjir di Cekungan Bandung Raya,” kata kepada Tribun, Jumat (21/4/2017).

Seperti diketahui dalam RAM-IP tersebut dinyatakan penanganan banjir di Bandung Raya akan dilaksanakan secara kompeherensif multipihak beradasarkan pemodelan numerik DAS Citarum hulu. Kemudian membagi peran dalam format rencana aksi multipihak implementasi pekerjaan (RAM-IP) untuk pengurangan genangan banjir di Cekungan Bandung Raya yang terbagi dalam penanganan struktrural, nonstruktural dan kultur.

Kemudian adanya integrasi kebijakan, program dan kegiatan pemerintah provinisi dan kota/kabupaten beserta pemangku kepentingan di kawasan Bandung Raya sesuai dengan kewenangannya.

Kendati begitu, ucap Agus, bukan berarti pihaknya hanya berpangku tangan untuk mengentaskan masalah banjir. Dinas PUPR akan berupaya untuk membantu proses pembuatan sodetan sesuai dengan kapasitasnya, sebab sodetan Cisangkuy tersebut berada di wilayah Kabupaten Bandung.

“Tidak ada penganggaran khusus, tapi kita akan upayakan untuk pemeliharaan saluran dan sebagainya,” kata Agus.(dam)

Penulis: dam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help