TribunJabar/

Kuliner

Sedapnya Santap Ikan di Sebelah Jembatan Sungai, Pemandangan Pun Mengasyikkan

Dulunya, tempat tersebut hanyalah penyewaan peralatan pancingan. Sekitar tahun 2000-an, tempat itu bertransformasi menjadi . . .

Sedapnya Santap Ikan di Sebelah Jembatan Sungai, Pemandangan Pun Mengasyikkan
ISA RIAN FADILAH

Laporan Isa Rian Fadilah

TRIBUNJABAR.CO.ID - TEPAT di sebelah jembatan sungai Ciminyak, Cililin, terdapat sebuah rumah makan dengan konsep saung yang cukup besar.

Dulunya, tempat tersebut hanyalah penyewaan peralatan pancingan. Sekitar tahun 2000-an, tempat tersebut bertransformasi menjadi rumah makan, dengan nama Rumah Makan Lugina.

Letaknya yang tepat di pinggir sungai menambah daya tarik tersendiri. Pengunjung bisa menikmati sajian ikan bakar sembari menikmati suasana dan menghirup udara segar khas suasana sungai.

Ada tiga macam menu utama di sini, yakni ikan nila, gurami, dan mas. Setiap menu hanya bisa dipesan minimal 1 kilogram. Ukuran terkecil ikan di sini adalah 250 gram dan terbesar 1 kilogram. Ikan-ikan yang disajikan didapat dari hasil budidaya pribadi.

Menu ikan bisa diproses dengan dibakar atau pun digoreng. Ikan segar akan dilumuri bumbu kuning sebelum dibakar. Setelah matang, ikan bakar dilumuri kecap. Menu ikan goreng bisa dilumuri bumbu asam manis atau cobek.

"Untuk menghilangkan aroma amis ikan, kami cuci dengan air yang mengalir, dicucinya pakai sikat jadi bersih," ujar penanggung jawab RM Lugina, Yeni Anggraeni, saat ditemui di lokasi Jalan Rancapanggung, Cililin, beberapa waktu lalu.

Setiap menu akan mendapat dua macam sambal, yakni sambal terasi dan sambal kecap. Pelanggan pun bisa meminta sambal dadak.

Untuk nila sebesar 500 gram, dagingnya terasa begitu segar dan melimpah. Di bagian sisi terbakar kering dengan lumuran bumbu kecap, tapi daging ikan di dalamnya sama sekali tidak gosong. Tak ada aroma amis sedikit pun dari ikan ini. Dengan dua sambal yang dipadukan, nafsu makan akan semakin meningkat. Anda akan terus menambah nasi yang disediakan di dalam boboko hingga ikan tak tersisa.

Satu kilogram nila isi 4 ekor dibanderol Rp 40 ribu dan satu kilogram nila isi dua ekor bisa disantap seharga Rp 45 ribu. 

Pemandangan yang Mengasyikan

LOBSTER pun menjadi salah satu menu favorit di sini. Satu ekor lobster seberat 1 kilogram bisa disantap seharga Rp 130 ribu. Lobster disajikan dengan digoreng.

"Kalau lebaran atau tahun baru, di sini bisa habis 140 kilogrm ikan," ujar Yeni.

Setelah puas menuntaskan ikan, seruput teh atau jus bisa menjadi pilihan sambil memandang ke arah sungai. Dengan begitu tak hanya perut saja yang terpuaskan. Mata pun mendapat suguhan pemandangan yang menenangkan.

Dengan kapasitas 150 orang, RM Lugina menjadi tempat makan ikan terbesar di areal sungai Ciminyak. (ee)

Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help