TribunJabar/

Sipir Lapas Terlibat Peredaran Sabu, Tersangka Lainnya Sembunyi di Atap

Satrenaskorba Polres Cirebon Kota membongkar peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon.

Sipir Lapas Terlibat Peredaran Sabu, Tersangka Lainnya Sembunyi di Atap
shutterstock
Narkoba jenis sabu. 

CIREBON, TRIBUNJABAR.CO.ID - Satrenaskorba Polres Cirebon Kota membongkar peredaran narkoba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Cirebon. Setidaknya tiga tersangka yang diduga terlibat peredaran narkoba jenis sabu di lapas tersebut.

Informasi yang dihimpun Tribun, ketiga tersangka itu berinisial Ys (49), S (21), dan F (41). Ys belakangan diketahui sebagai sipir Lapas Kelas 1 Cirebon. Sedangkan S merupakan narapidana Lapas Kelas 1 Cirebon. Adapun F merupakan pemasok sabu tersebut.

"Terbongkarnya jaringan itu setelah tim antinarkoba Polres Cirebon Kota mendapatkan informasi jika ada pendistribusian narkoba di lapas tersebut," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, kepada wartawan melalui pesan singkat, Minggu (16/4/2017).

Dari hasil penyelidikan dan kerjasama dengan Lapas Kelas 1 Cirebon, Yusri mengatakan, penyidik menangkap S. Dari tangan S, penyidik menemukan satu paket kecil sabu yang disimpan di bungkus rokok. Sesuai keterangan S, sabu itu ternyata didapatnya dari seorang sipir berinisial Ys.

"Penyidik dan pihak lapas langsung meminta keterangan Ys. Ys mengakui jika barang haram itu berasal dari seorang pengedar berasal berinisial F," kata Yusri.

Yusri mengatakan, penyidik langsung menelusuri keberadaan F setelah mendapatkan keterangan dari Ys dan S. Belakangan diketahui, kata dia, F merupakan warga Jalan Sunan Gunung Jati Gang Anwar, Desa Pasindangan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupatemn Cirebon.

Penyidik pun melakukan operasi penggrebekan di kediaman F pada Sabtu (8/4/2017) pukul 12.30 WIB. Penggrebekan berlangsung alot lantaran F melakukan perlawanan ketika akan ditangkap. Tersangka sempat bersembunyi di langit-langit rumah ketika petugas mendatangi rumahnya.

"Tersangka juga melempar potongan kayu yang berada di atap plafon ketika akan ditangkap. Tersangka baru menyerah setelah petugas mengeluarkan tembakan peringatan," kata Yusri.

Dari penggrebekan, petugas menemukan 1,5 ons sabu dan satu paket daun ganja kering siap edar terbungkus kresek hitam. Penyidik juga menemukan timbangan digital dan dua pak plastik warna bening.

"Kasus hukum ketiganya kini diproses. Mereka dikenai pasal 114 ayat 2 dan pasal 112 ayat 2 dan Pasal 111 ayat 1 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika," kata Yusri. (cis)

Penulis: cis
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help