TribunJabar/

Awalnya Tak Ada yang Melirik Wana Wisata Curug Citambur

Pengelola wana wisata air terjun Citambur dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)

Awalnya Tak Ada yang Melirik Wana Wisata Curug Citambur
yudha maulana
Curug Citambur di Kampung Rawa Getok, Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kab Cianjur. Wana wisata alam diperbatasan Bandung-Cianjur ini mulai dilirik oleh wisatawan lokal maupun asing. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pengelola wana wisata air terjun Citambur dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) , Yuceu (37) mengatakan wisata alam Citambur awalnya tidak ada yang melirik.

Baru pada 2014, pihak desa bekerjasama dengan Perhutani dengan menata fasilitas di area wisata tersebut. Pantauan Tribun, berjejer belasan warung yang mengitari taman yang dihiasi bunga berwarna warni sebelum masuk ke lokasi air terjun.DIsana pula ada mushola dan dua toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung.

"Meski begini juga Citambur ini paling ramenya di hari Sabtu-Minggu, kalau hari biasa kadang pengunjung tak mencapai sepuluh orang pun pernah," kata Yuceu kepada Tribun belum lama ini di Citambur.

Yuceu mengatakan pada akhir pekan, bisa mencapai 150 pengunjung yang datang, kebanyakan berasal dari Bandung atau Kota Cianjur. Lokasi air terjun Citambur ini juga memang dekat dengan perbatasan Bandung-Cianjur Selatan, jaraknya hanya sekitar satu kilometer dari Desa Cipelah yang menjadi batas Kabupaten Bandung.

Kendala transportasi umum yang masih jarang, kata Yuceu, menjadi salah satu kendala yang dihadapi pengelola. Pasalnya, jarak dari Terminal Ciwidey, Kabupaten Bandung ke Citambur berjarak sekitar 40 kilometer, sedangkan dari Kota Cianjur bisa mencapai 80 kilometer.

Wisatawan yang datang dari arah Bandung, kata Yuceu, disarankan berhati-hati ketika melewatii Tanjakan Nendeut yang berada di Kp Muara, Desa Cipelah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Pasalnya, jalan tersebut curam dan akan sangat licin di musim penghujan.

"Kebanyakan yang datang ke sini memakai kendaraan pribadi, karena bus tidak bisa masuk ke sini, paling elf (mini bus) ke arah Pagelaran," ujar Yuceu.(dam)

Penulis: dam
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help