Jelang GP Argentina Besok, Rossi Sebut Dirinya dalam Masalah Besar

Pemilik sembilan gelar juara dunia semua kelas, Valentino Rossi, selalu berada di urutan ke-16 pada dua sesi latihan bebas

Jelang GP Argentina Besok, Rossi Sebut Dirinya dalam Masalah Besar
kompas.com/crash.net
Valentino Rossi berhasil meraih podium ketiga di Qatar, dari start di posisi ke-10. 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Pemilik sembilan gelar juara dunia semua kelas, Valentino Rossi, selalu berada di urutan ke-16 pada dua sesi latihan bebas GP Argentina, Jumat (7/4/2017).

Rossi mengalami kesulitan saat memasuki tikungan Autodromo Termas de Rio Hondo. Sementara itu, rekan satu timnya, Maverick Vinales, selalu keluar sebagai pencatat putaran tercepat.

"Saya tidak mendapatkannya (feeling saat masuk tikungan). Saya tidak cukup cepat. Saya tidak punya feeling bagus dan selalu kehilangan waktu di setiap tikungan," ujar pebalap Movistar Yamaha MotoGP tersebut.

Rossi menyebut ban Michelin yang dipakai saat sesi latihan terlalu lunak. Ban lebh keras atau kaku yang seharusnya bisa dipakai telat datang karena tertahan masalah transportasi.

"Saya tadinya senang karena akan bisa mencobanya (ban yang lebih keras), tetapi sayangnya kami tidak bisa mencobanya hari ini (Jumat)," kata Rossi setelah sesi latihan hari pertama.

"Mungkin kami bisa memakainya besok (Sabtu) pagi (waktu setempat) karena ban yang sekarang dipakai terlalu lembut. Sangat penting untuk mencoba ban baru. Sekarang, kami dalam masalah yang besar, dan mungkin kami tidak punya waktu," ujar Rossi lagi.

Di Qatar, Rossi juga mengalami kesulitan pada sesi latihan bebas. Namun, saat balapan, dia tampil baik dan akhirnya finis di urutan ketiga, di belakang Vinales dan Andrea Dovizioso (Ducati Team).

Rossi yakin, perubahan jenis ban yang dilakukan Michelin tahun ini jadi salah satu penyebab dia mengalami kesulitan. Namun, dia juga mengaku masih kesulitan beradaptasi dengan motor Yamaha tahun ini.

"Bagian depan motor saya banyak bergerak, dan terutama saya tidak bisa masuk tikungan dengan cepat. Saya tidak tahu seberapa besar pengaruh ban, tetapi buat saya, ini lebih karena motor," kata dia lagi.

Rossi menegaskan bahwa motor yang dia pakai sekarang sangat berbeda dengan tahun lalu.

"Kami sudah mencoba banyak hal, tetapi pada dasarnya saya memiliki masalah yang sama dengan di Qatar (saat latihan bebas). Tahun lalu, semua berjalan lebih natural," kata Rossi.

"Namun, kalian lihat bahwa Vinales bisa cepat, selalu di depan. Jadi, motor sebenarnya bagus. Kami hanya perlu lebih memahaminya," kata dia lagi.

Rossi dan pebalap lain dijadwalkan menjalani sesi latihan bebas ketiga pada Sabtu (8/4/2017) mulai pukul 09.55 waktu setempat (19.55 WIB).(*)

Editor: fam
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help