TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Makro

Pradnyawati: Ekspor Indonesia Masih Hadapi Banyak Tantangan

Ekspor Indonesia masih menghadapi tantangan dari segala arah. Perdagangan bebas yang ditandai dengan turunnya . . .

Pradnyawati: Ekspor Indonesia Masih Hadapi Banyak Tantangan
tribunjabar/siti fatimah
Acara Diskusi Diskusi dengan tema "Pengamanan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia Melalui Mekanisme Dispute Settlement WTO" di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Kamis (6/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Ekspor Indonesia masih menghadapi tantangan dari segala arah. Perdagangan bebas yang ditandai dengan turunnya hambatan tarif bea masuk semakin meningkatkan upaya pemerintah negara mitra dagang untuk melindungi kepentingan industri dalam negerinya.

"Eksport Indonesia juga tidak luput dari dampak penggunaan instrumen perdagangan yang diberlakukan oleh negara mitra dagang kita," kata Direktur Pengamanan Perdagangan Direktorat Pengamanan Perdagangan Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag RI, Pradnyawati pada acara Diskusi dengan tema "Pengamanan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia Melalui Mekanisme Dispute Settlement WTO" di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, saat ini bermunculan pagar proteksi perdagangan baru antara lain penerapan instrumen trade remedies dan berbagai kebijakan non tarif nasional yang bertujuan membendung importasi barang ke wilayah domestiknya. Selain itu ada kecenderungan penggunaan instrumen trade remedies dan standar nasional oleh negara-negara di dunia menunjukkan tren meningkat.

"Hal ini merupakan tantangan bagi kita semua untuk bekerjasama menanggulanginya," katanya.

Pihaknya mencatat, sejak tahun 1995 sampai dengan Desember 2016, Direktorat Pengamanan Perdagangan telah menangani 290 tuduhan Dumping, Subsidi dan Safeguards, serta 110 hambatan Non Tarrif baik dalam bentuk Technical Barries to Trade (TBT) maupun Sanitary and Phytosanitary dari negara mitra dagang Indonesia. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help