TribunJabar/
Home »

Bisnis

» Makro

Pemerintah Upayakan Ini Dalam Mengatasi Hambatan Ekspor

Pemerintah berupaya menangani hambatan perdagangan dalam rangka pengamanan akses pasar produk ekspor Indonesia

Pemerintah Upayakan Ini Dalam Mengatasi Hambatan Ekspor
tribunjabar/siti fatimah
Acara Diskusi Diskusi dengan tema "Pengamanan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia Melalui Mekanisme Dispute Settlement WTO" di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Kamis (6/4/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pemerintah berupaya menangani hambatan perdagangan dalam rangka pengamanan akses pasar produk ekspor Indonesia. Terlebih kondisi perdagangan internasional yang dicita-citakan World Trade Organization (WTO) belum menunjukkan hasil optimal.

"Melihat kondisi global saat ini, perlu kerjasama berbagia pihak, termasuk stake holder di Jawa Barat terutama kalangan pelaku usaha , dan pejabat dinas daerah untuk turut mendukung upaya pemerintah dalam mengamankan akses pasar ekspor Indonesia," kata Direktur

Pengamanan Perdagangan Direktorat Pengamanan Perdagangan Ditjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag RI, Pradnyawati pada acara Diskusi dengan tema "Pengamanan Akses Pasar Produk Ekspor Indonesia Melalui Mekanisme Dispute Settlement WTO" di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur, Kamis (6/4/2017).

Menurutnya, peran serta tersebut penting untuk menjaga keberlangsungan akses pasar produk-produk Indonesia di negara mitra dagang. Kepedulian dan mengetahui isu sejak dini menjadi modal awal penting dalam menyongsong perdagangan global dunia.

Selain itu, katanya, pemerintah juga mengharapkan komunikasi dan engagement secara rutin dari pelaku usaha dan pejabat daerah dalam menghadapi hambatan ekspor yang menghadang. "Diharapkan juga peran civitas akademika dalam melahirkan talenta baru dalam bidang perdagangan internasional dan memberikan sumbangsih melalui pemikiran-pemikiran yang berkontribusi dalam mengamankan kepentingan perdagangan Indonesia," katanya. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help