TribunJabar/

Advertorial

Pos Indonesia Bantu Onlinekan Ribuan UMKM

Pos lndonesia bersama Nurbaya Initiative juga akan menyiapkan e-kiosk di seluruh kantor pos untuk mengoptimalkan penjualan produk UMKM.

Pos Indonesia Bantu Onlinekan Ribuan UMKM
TRIBUN SUMSEL/M.AWALUDDIN FAJRI
Illustrasi 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - PT Pos lndonesia (Persero) berkomitmen untuk membantu mengonlinekan setidaknya 2 juta UMKM pada akhir 2018, di mana setidaknya 80% database akan didapatkan dari penerima KUR BRL. Untuk membantu meng-onlinekan para pelaku UMKM yang belum memiliki situs online, Pos lndonesia bekerjasama dengan Nurbaya Initiative untuk melatih 25.000 karyawan Pos Indonesia menjadi digital fasilitator untuk membantu peng-onlinean UMKM.

Selain memasarkan produk UMKM yang telah dionlinekan di marketplace terkemuka, Pos lndonesia bersama Nurbaya Initiative juga akan menyiapkan e-kiosk di seluruh kantor pos untuk mengoptimalkan penjualan produk UMKM. Diharapkan melalui gebrakan peng-onlinean dan pembuatan toko online, kantor pos dapat membantu UMKM dalam lebih efektif dan efisien.

Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W Setijono, mengatakan bahwa Pos Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung strategi pemerintah terkait Ekonomi Digital 2020 dan memilih produk buatan Indonesia.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi , menurut dia, telah mempengaruhi perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Bahkan, pertumbuhan ekonomi saat ini pun sebagian besar terpengaruh dari pemanfaatan teknologi infomiasi dan komunikasi (TIK) yang dikenal sebagai digital economy.

"Kinerja UMKM telah memberikan kontribusi lebih dari 50% terhadap kemajuan ekonomi, karena hal ini Presiden Jokowi berkomitment untuk mengonlinekan 8 juta UMKM pada tahun 2020," ujar Gilarsi saat menggelar Hari UMKM Nasional Tingkat Kota Bandung di Ciroyoom Baru Center, Pasar Ciroyom, Jumat (31/3)

Vice President PKBL Pos Indonesia, Pupung Purnama menambahkan bahwa tanggal 31 Maret telah ditetapkan sebagai Hari UMKM Online Nasional dimana akan terlaksana aktif|tas peng-onlinean 100.000 UMKM, bazar multi produk UMKM secara offline dan online, serta pertunjukan kebudayaan secara serentak di 30 Kota seluruh Indonesia.

"Di Bandung saja, target kami minimal 2000 pelaku UMKM sudah bisa kami bantu di-onlinekan produknya. Hari ini PT Pos Indonesia menggelar acara serupa di 30 kota seluruh Indonesia.Di acara memperingati Hari UMKM Online Nasional ini, kami memberikan seluruh fasilitas secara gratis kepada pelaku UMKM. Mulai dari formulir pendaftaran hingga website yang akan diterima pelaku UMKM. Ini merupakan bagian dari target menciptakan 100.000 UMKM yang di-onlinekan," kata Pupung.

Dengan bantuan online dan website yang diberikan secara cuma-cuma oleh PT Pos Indonesia kepada para pelaku UMKM, baik di Bandung maupun di kota-kota lain di Indonesia, Pupung berharap agar produk-produk yang dipasarkan pelaku usaha keecl mikro dan menengah bisa terbantu dari sisi pemasaran. Selain membantu memasarkan secara offline to online, Pos Indonesia juga akan membantu memasarkan produk UMKM ke berbagai market place hingga siap memberikan pendampingan. (adv/set)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help