TribunJabar/

Hati-hati, Video Tak Pantas Mirip Kartun Anak Beredar di YouTube

Sebagai orangtua yang sama-sama bekerja, Ayah Ibu mungkin termasuk yang memberikan gadget untuk menemani anak mengisi waktu di rumah.

Hati-hati, Video Tak Pantas Mirip Kartun Anak Beredar di YouTube
youtube

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Sebagai orangtua yang sama-sama bekerja, Ayah Ibu mungkin termasuk yang memberikan gadget untuk menemani anak mengisi waktu di rumah. Namun hati-hati, bila sedang bersama anak, pastikan selalu mendampingi saat anak asyik menonton film di YouTube. Karena ternyata banyak video yang terlihat seperti kartun populer untuk anak namun isinya ternyata tergolong kasar dan tidak pantas untuk dikonsumsi anak.

Ya, sepintas, video-video ini mirip dengan video yang menampilkan serial kartun Inggris Peppa Pig. Tetapi begitu Ibu menekan tombol "putar" atau "play" pada klip YouTube ini, kisahnya berubah jadi gelap. Seorang dokter gigi dengan jarum suntik besar muncul. Gigi Peppa si babi lucu ditarik keluar. Tangisan pilu bisa didengar di soundtrack-nya.

Laura June, seorang wartawan, segera melihat sesuatu yang tidak benar saat putrinya yang berusia tiga tahun menonton adegan tersebut. "Peppa banyak berteriak dan menangis dan dokter giginya benar-benar sadis, dan hal itu jauh, jauh sekali dari kepatutan tontonan bagi anak berusia tiga tahun," kata June.

"Betapa pun animasi itu mirip sekali dengan Peppa - agak kasar tapi cukup mirip untuk membuat putri saya yakin, 'Ini adalah Peppa Pig'," tambahnya.

Ini sama sekali bukan kasus khusus. BBC Trending menemukan ratusan video serupa sosok kartun anak-anak dengan tema yang tidak pantas. Selain Peppa Pig, ada video serupa yang menampilkan karakter dari film-film Disney Frozen, waralaba Minion, Doc Mcstuffins, Thomas the Tank Engine, dan banyak lagi.

Beberapa video merupakan parodi atau materinya jelas dimaksudkan untuk pemirsa dewasa. Lainnya merupakan salinan ilegal dari suatu film kartun atau menggunakan sosok kartun yang mungkin melanggar hak cipta mungkin, tapi belum tentu berbahaya bagi anak-anak.

Namun banyak video yang seperti dilihat puteri Laura June, baik berisi konten bermasalah dan lolos sebagai tontonan yang terlihat seakan kartun asli, terutama jika dilihat oleh anak-anak.

Ratusan video macam ini ada di YouTube, dan banyak yang memperoleh jutaan klik. Saluran "Toys and Funny Kids Surprise Eggs" adalah salah satu dari 100 akun YouTube paling banyak ditonton dan video-videonya mendapatkan lebih dari lima miliar klik.

Laman pembukanya menampilkan seorang balita lucu bersama sosok-sosok yang mirip Peppa Pig, Thomas the Tank Engine, Cookie Monster, Mickey dan Minnie Mouse serta Elsa dari Frozen.

Namun judul video-video di saluran itu mengisyaratkan konten tak ramah anak, seperti: "Frozen Elsa huge snot" (Ingus raksasa Frozen Elsa), "Naked Hulk loses his pants" (Hulk bugil kehilangan celana), "Bloody Elsa: Frozen Elsa's Arm is Broken by Spiderman" (Elsa berlumur darah: Lengan Frozen Elsa dipatahkan oleh Spiderman). Video-video itu penuh dengan tayangan kekerasan dan humor jorok.

Halaman
12
Editor: fam
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help