TribunJabar/
Home »

Opini

Buku Pilihan

Kamus Sejarah Islam Rasa Ensiklopedia

Melalui kamus sejarah dan peradaban Islam ini, pembaca dapat mengetahui dan memahami sejarah Islam secara ringkas

Kamus Sejarah Islam Rasa Ensiklopedia
Internet
Sampul Buku Jejak Islam

Judul: Jejak-Jejak Islam: Kamus Sejarah dan Peradaban Islam
Penulis: Ahmad Rofi Usmani
Penerbit: Bunyan
Cetakan: I, September 2016
Tebal: 448 Halaman
Harga: Rp 99.000

LIMA belas abad keberadaan Islam telah melahirkan jejak-jejak peradaban yang sangat kaya di seluruh dunia. Mulai dari sistem pemerintahan, ilmu pengetahuan, hingga arsitektur klasik bernilai tinggi.

Melalui kamus sejarah dan peradaban Islam ini, pembaca dapat mengetahui dan memahami sejarah Islam secara ringkas dan kontribusi masyarakat muslim di pelbagai penjuru dunia dengan segala kelebihan, kekurangan, dan jasa-jasa mereka. Data-data tersebut direkam ke dalam sekitar 700 entri yang dijelaskan secara sistematis dan detail dalam kamus ini.

Entri-entri itu mencakup tokoh-tokoh muslim paling berpengaruh; para ilmuwan muslim; pertempuran-pertempuran dan sejarah pemicunya; masjid bersejarah di seluruh dunia; dinasti- dinasti yang berkuasa; benteng militer; madrasah dan lembaga pendidikan Islam; kota-kota penting dalam peradaban Islam; istana, museum, dan perpustakaan; perjanjian-perjanjian dalam Islam; suku-suku; ekspedisi militer; tempat-tempat ziarah; nama-nama negara dan kota berpenduduk muslim; peristiwa-peristiwa penting dan tahun terjadinya; khalifah dan penguasa kerajaan Islam/kesultanan; upacara adat yang berasimilasi dengan budaya Islam; dan macam- macam mazhab.

Tujuh ratus entri dalam sebuah kamus tentu tidak banyak. Namun sang penyusun, Ahmad Rofi' Usmani, berharap ke-700 entri seputar sejarah dan peradaban Islam itu dapat memberikan kepada pembaca pengetahuan dan pemahaman mengenai sejarah Islam secara ringkas dan kontribusi masyarakat muslim di pelbagai penjuru dunia dengan segala kelebihan, kekurangan, dan jasa mereka.

Ahmad Rofi' Usmani, lahir di Cepu, Jawa Tengah, 26 Januari 1953. Alumnus dan mantan pengurus Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta (1973-1974) ini menyelesaikan program S-1 Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, pada 1977. Pada 1978, dia diterima di Fakultas Syariah Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Selama sekitar enam tahun di Mesir, mantan ketua Lembaga Penelitian Ilmiah Persatuan Pelajar Indonesia di Mesir (1981-1983) ini juga menghadiri program pascasarjana di bidang sejarah dan kebudayaan Islam di Fakultas Dar Al-'Ulum, Universitas Kairo, Kairo, Mesir.

Karya-karya tulisnya yang sudah terbit, baik berupa karya sendiri, suntingan, maupun terjemahan, adalah Ensiklopedia Tokoh Muslim (2015), Makkah-Madinah (2011), Dari Istana Topkapi Hingga Eksotisme Masjid Al-Azhar (2011), Kado Indah untuk Muslimah (2010), Muhammad, sang Kekasih (2009), Risalah Cinta: Kitab Klasik Legendaris tentang Seni Mencinta (2009), dan lain-lain.

Saat ini memang sudah banyak terbit ensiklopedia tentang Islam. Namun kamus yang disusun Ahmad Rofi' ini mengkhususkan diri pada sejarah dan peradaban Islam. Penyajiannya pun dibuat secara populer sehingga mudah dicerna, tapi tetap akurat. Lagi pula, meskipun namanya kamus, penjelasan dalam entri-entrinya diberikan tidak terlampau singkat sebagaimana umumnya kamus, tapi justru relatif panjang. Boleh dikata malah lebih mendekati ensiklopedi.

Buku ini layak dikoleksi untuk menjadi referensi, terutama bagi pelajar, mahasiswa, dan pembaca awam umumnya. (*)

Penulis: her
Editor: her
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help