Hari Air Dunia

Konsumsi Air Secara Bijak! Akses Dapatkan Air Warga Bandung Baru 76 Persen

Kita harus bersama-sama peduli, bagaimana mengkonsumsi air secara bijak, tidak mencemari air, tanah, karena kita akan melakukan penanganan air bersih

Konsumsi Air Secara Bijak! Akses Dapatkan Air Warga Bandung Baru 76 Persen
shutterstock
Wanita minum air putih. 

SOREANG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi air secara bijak dalam perayaan Hari Air Dunia yang jatuh pada Selasa (22/3/2017).

"Kita harus bersama-sama peduli, bagaimana mengkonsumsi air secara bijak, tidak mencemari air, tanah, karena kita akan melakukan penanganan air bersih dan sanitasi berbasis masyarakat," ucap Sekretaris Disperkimtan, Deddy Mulyadi di Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (21/3/2017).

Deddy mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten Bandung akses masyarakat untuk mendapatkan air baru di sekitaran 76,04 persen yang terdistribusi dari tiga bagian besar yakni, PDAM (11,69%, Non PDAM (13,44%) dan lain-lain (50,87%).
Ia menjelaskan bahwa angka tersebut bukan dalam bentuk pelayanan langsung, melainkan akses mendapatkan air dari tiga bagian besar akses air.

"Peringatan Hari Air 2017 ini berikan tema "waste water" atau "air limbah", kenapa hal ini harus diperhatikan karena 70-80 persen air yang dikonsumsi akan menjadi limbah," ujarnya.

Untuk penanganan air limbah, Dispertakim merangkul Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang memiliki akses untuk penataan saluran air, kemudian Dinas Kesehatan mengetahui standar air minum yang disesuaikan dengan Permenkes maupun Permenpu.

"Kita punya program MDGS 2019, program 100-0-100, 100 air minum, air kumuh dan 100 penanganan limbah," ucapnya.(dam)

Penulis: dam
Editor: dia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help