TribunJabar/

Daerah Bantaran Rel Kereta Akan Disulap jadi Kawasan Wisata

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan menata kawasan permukiman yang dilintasi rel kereta api.

Daerah Bantaran Rel Kereta Akan Disulap jadi Kawasan Wisata
tribunjabar/mega nugraha
Terminal Peti Kemas Purwakarta Kembali Difungsikan, Angkut Pupuk dan Semen Ke Jatim 

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan menata kawasan permukiman yang dilintasi rel kereta api. Sebelumnya, daerah yang dipimpin Dedi Mulyadi ini telah menata kawasan Stasiun Puwakarta dan Plered.

Dedi mengatakan selama ini kawasan pemukiman di pinggiran rel kereta api kerap terkesan kumuh. Kali ini, Dedi akan menata kawasan itu agar lebih bernuansa wisata.

"Trennya memakai kereta api itu sama seperti wisata, jadi kami akan tata kawasan sekitar bantaran rel kereta api dimulai dari perbatasan Cikampek Karawang Hingga Bandung Barat," kata Dedi di Purwakarta, Senin (20/3/2017).

Konsep yang akan dibangun menurut Dedi, bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai akses jalan tapi di sepanjang jalur tersebut akan ada pemandangan indah berupa rumah - rumah adat.

"Konsepnya rumah adat, selain yang bisa dimanfaatkan sebagai akses jalan. Tujuannya agar penumpang kereta api dari Jakarta atau Bandung saat melintasi Purwakarta tidak melihat daerah kumuh," katanya.

Pemerintah kata dia, akan membagikan ganti rugi bagi warga yang terkena dampak ke tempat yang layak.

"Kita manfaatkan aset yang dimiliki PT.Kereta Api Indonesia (PT KAI) yang ditempati masyarakat. Kami berikan ganti rugi termasuk memindahkan ketempat yang lebih layak," ujar Dedi.

Dedi mengaku telah mengkomunikasikannya dengan PT KAI termasuk Deputi 3 bidang Infrastruktur Kemaritiman, termasuk menunggu keluarnya izin surat pemanfaatan aset PT. KAI untuk dijadikan jalan terusan Kemuning.

"Kami sudah bertemu membahas hal ini dengan berbagai pihak termasuk dengan PT KAI, saat ini kami menunggu surat izin pemanfaatan lahan PT. KAI," ujarnya.

Sebagai langkah awal, Kepala Dinas Cipta Karya Kabupaten Purwakarta Aep Durahman menambahkan pihaknya akan menata pinggiran rel di pinggiran Jalan Kemuning termasuk terusan Jalan Kemuning.

"Intruksi pak bupati kami menata wilayah perkotaan dulu, termasuk di pinggiran Jalan Kemuning karena itu ada di pinggiran rel," ujarnya.

Ia menambahkan, apa yang akan dilakukan pemerntah sama halnya seperti yang telah dilakukan sebelumnya di Stasiun Purwakarta kota dan Plered.

"Kurang lebih seperti yang sudah dilakukan di dua stasiun itu. Tapi kali ini akan lebih berbeda," kata Aep. (men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help