TribunJabar/

Wabup Gun Gun Gunawan Prihatin Banjir yang Melanda Rancaekek

Gun Gun mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan situasi dan kondisi bencana melalui tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang bertugas.

Wabup Gun Gun Gunawan Prihatin Banjir yang Melanda Rancaekek
TRIBUN JABAR/Yudha Maulana
Wakil Bupati Bandung Gungun Gunawan berbincang dengan warga di Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Senin (20/3/2017). 

SOREANG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan prihatin dengan banjir yang menerjang wilayah Rancaekek, tepatnya di ruas jalan nasional Garut-Bandung, Kabupaten Bandung sejak tiga hari lalu. Intensitas hujan yang tinggi, membuat anak-anak sungai Citarum meluap.

Gun Gun mengatakan, pihaknya telah melakukan pengecekan situasi dan kondisi bencana melalui tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang bertugas.

"Ada beberapa ruas jalan yang terendam, dulu pernah ada perbaikan tanggul Cikeruh, tapi kemudian jebol lagi di Sungai Cikijing, diperbaiki jebol lagi," ujar Gungun di Kantor Desa Arjasari, Kecamatan Arjasari, Senin (20/3/2017).

Sejauh ini, pihaknya pun berupaya untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan, disamping berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum terkait pengentasan masalah banjir.

"Ini klasik belum ada penuntasan permasalahan, baik dari provinsi maupun pusat, upaya penyedotan dilakukan tapi tidak mungkin, kalau sungai sudah penuh mau kemana membuang air," kata Gun Gun.

Ia menuturkan, untuk menyelesaikan permasalahan banjir di Rancaekek maka yang perlu diperbaiki adalah mengembalikan sungai-sungai yang melintas dari Kabupaten Sumedang ke Kabupaten Bandung kepada ukurannya. Terutama yang melewati pabrik Kahatex dan Vonex yang melintas dibawah jalan.

"Tidak hanya Kahatex dan Vonex, kami tidak bisa membongkar jalan sendirian, oleh karena itu kami mengirimkan surat permohonan kepada pihak yang berwenang untuk mengatasi keterbatasan itu, sehingga membuat hal teknis terealisasi," ujarnya.(dam)

Penulis: dam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help