Shopping

Pakai Sepatu yang Ramah Lingkungan ala Eco Family Shoes

"Responsnya alhamdulillah sangat positif dan bagus, artinya marketable. Ada yang beli dan pesan," kata Yasin Saipuloh Pembuat Sepatu dari Serat Alam

Pakai Sepatu yang Ramah Lingkungan ala Eco Family Shoes
ISA RIAN FADILAH
Sepatu berbahan serat alam 

Laporan Isa Rian Fadilah

TRIBUNJABAR.CO.ID - SEPATU dengan material 100 persen dari alam tak kalah modisnya dengan sepatu mainstream seperti sepatu kulit atau sejenisnya. Dengan memanfaatkan berbagai macam serat alam seperti serat rami, sabut kelapa, serat sutra emas tricula, dan serat kapas, Yasin Saipuloh (24) berhasil membuat terobosan baru dengan membuat beragam sepatu indoor.

Yasin dengan mereknya Ayasins mengusung konsep eco family shoes. Berbeda dengan produk sepatu kulit yang terkategorikan produk mainstream, sepatu dengan serat alami tergolong produk niche. Sepatu ini dibuat untuk dikenakan di dalam ruangan seperti mal, kantor, apartemen, rumah, dan lainnya.

Sepatu berbahan serat alam
Sepatu berbahan serat alam (ISA RIAN FADILAH)

"Kami coba mengeksplorasi penggunaan serat-serat alam di Indonesia untuk diaplikasikan ke produk busana," ujarnya dalam pesan WhatsApp.

Menurut Yasin, batang rami diolah kemudian diekstrak seratnya. Serat rami kemudian melewati proses pemintalan benang. Ditenun dengan alat tenun bukan mesin, serat rami kemudian masuk ke dalam proses pencelupan secara manual. Setelah serat rami menjadi kain, sepatu mulai dibuat.

Untuk sol, Yasin menggunakan karet mentah sehingga sepatu menjadi elastis dan lentur. Seluruh rangkaian proses pembuatan sepatu dilakukan secara manual dengan tangan (handmade).

Sepatu berbahan serat alam
Sepatu berbahan serat alam (ISA RIAN FADILAH)

Yasin membuat 500 pasang sepatu setiap bulan. Produknya meliputi sepatu anak hingga dewasa. Tak sulit untuk merawat sepatu alami ini. Hanya perlu disikat atau handwash.

Meski tergolong produk yang amat baru, ia mengaku tidak menemukan kesulitan dalam memasarkan produk sepatu ramah lingkungan tersebut. Menurutnya, belum ada pelaku usaha sepatu lain yang memanfaatkan serat alam sebagai material sepatu.

"Responsnya alhamdulillah sangat positif dan bagus, artinya marketable. Ada yang beli dan pesan," kata pria jebolan Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung ini.

Sepatu berbahan serat alam
Sepatu berbahan serat alam (ISA RIAN FADILAH)

Produk sepatu anak dibanderol seharga Rp 100 ribu, sedangkan sepatu dewasa untuk wanita dipatok seharga Rp 355 ribu dan pria Rp 400 ribu. Sepatu dengan bahan sutra tricula dihargai Rp 1,2 juta.

Setelah gencar memberikan edukasi tentang sepatu ramah lingkungan dengan mengikuti pameran-pameran sepatu, kini ia mulai fokus memasarkan produknya secara online. Beragam produk Ayasins bisa dilihat di Instagram @ayasins. Seluruh pengerjaan sepatu dilakukan di Kompleks Margahurip Indah No 71, Banjaran, Kabupaten Bandung. (ee)

Naskah ini juga bisa Anda baca di Tribun Jabar edisi cetak, Senin (20/3/2017).

Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help