Asma Jayanati TKW asal Cianjur yang Sekujur Tubuhnya Penuh Luka Dibawa ke Psikolog

"Hari ini korban dibiarkan dahulu menginap di P2TP2A untuk dibawa ke RSUD Cianjur esok, Selasa (21/3)," ujar Asep

Asma Jayanati TKW asal Cianjur yang Sekujur Tubuhnya Penuh Luka Dibawa ke Psikolog
TRIBUN JABAR / DIAN NUGRAHA RAMDANI
Ambulans milik Pemerintah Desa Tanggeung yang dipakai membawa Asma Jayanati Kusumah (30) di depan Kantor P2TP2A Kabupaten Cianjur, Senin (20/3/2017). 

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pemerintah Desa Tanggeung, Kecamatan Tanggeung, Kabupaten Cianjur, membawa Asma Jayanati Kusumah (30), mantan TKI di Arab Saudi yang mendapat siksaan serta gajinya tidak dibayarkan untuk diperiksa kondisi psikologisnya, Senin (20/3/2016).

Asep Suherman, Kepala Desa Tanggeung mengatakan rencananya, Asma yang ditemani ibunya, Popon Rosifah (50) akan dirawat di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Peremuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Cianjur

"Hari ini korban dibiarkan dahulu menginap di P2TP2A untuk dibawa ke RSUD Cianjur esok, Selasa (21/3)," ujar Asep di Kantor P2TP2A Kabupaten Cianjur, di kawasan Pabuaran. 

Ada dua maksud Kepala Desa membawa TKI warga Kampung Wangunsari Desa Tanggeung itu. Pasca kepulangannya ke Tanggeung pada 17 Februari 2017, Asma tampak depresi. 
Kondisi ini diduga kuat akibat penyiksaan yang diterima janda beranak satu tersebut. Ditambah, setelah keberangkatan pada tahun 2009, Asma tidak pernah ada kabar ke keluarga. 

"Pertama, semoga Asma bisa sembuh baik fisik maupun psikisnya sehingga bisa mendapat jawaban pasti saat ditanya dengan runut mengapa sampai dia bisa mengalami penyiksaan itu. Dalam hal ini, setidaknya pemerintah kabupaten Cianjur merespon peristiwa Asma ini," ujar Kades. 

Kedua, jika sudah direspon, Kades ingin hak-hak Asma selama delapan tahun bekerja di Arab Saudi dipenuhi. "Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) harus bisa menjembatani harapan keluarga untuk mendapatkan hak-hak Asma," ujarnya. (ram)

Penulis: ram
Editor: dia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help