TribunJabar/
Home »

Seleb

» Musik

Tribun Musik

Setelah 18 Tahun, Brown Sugar Luncurkan 'Masih Kurasakan'

Menurutnya, materi lagu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000an. Hanya saja ketika itu, . . .

Setelah 18 Tahun, Brown Sugar Luncurkan 'Masih Kurasakan'
ISTIMEWA
Brown Sugar merilis single Masih Kurasakan setelah 18 tahun tak berkarya. 

Laporan Wartawan Tribu Jabar, Taufik Ismail

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Troy's Cafe yang ada di Jalan Tamblong menjadi saksi sejarah bagi grup musik Brown Sugar. Delapan belas tahun tak menelurkan karya, Brown Sugar merilis single berjudul Masih Kurasakan.

Sabtu (18/3) malam, Brown Sugar membawakan secara langsung Masih Kurasakan di Troy's Cafe. Beberapa hari sebelumnya, mereka merilis lagu tersebut di Jakarta.

"Ini masih dalam rangakain launching. Enggak mungkin kalau kami enggak bikin di Bandung, di rumah sendiri," kata Arief kepada Tribun.

Untuk merilis single ini, Brown Sugar yang terdiri dari Bowo, Leo, Arief, Yoyok, Adiel, Yandi, Ronny dan Ipunk bekerjasama dengan #MusikBagus label rekaman milik Glenn Fredly.

Ia menambahkan, lagu ini menjadi rencana yang sempat tertunda. Setelah 18 tahun mereka manggung membawakan lagu orang lain dan tak membawakan lagu sendiri.

Menurutnya, materi lagu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000an. Hanya saja ketika itu, label-label tidak tertarik karena musiknya merupakan musik idealis Brown Sugar.

Kini, tanpa ada tekanan dari pihak lain, mereka merilis Masih Kurasakan. "Lagu ini sudah beberapa kali evolusi aransemen. Yang terakhir ini yang menurut kami bisa masuk di zaman sekarang," ujar personil Brown Sugar lainnya.

Rencana ini lalu Arief sampaikan ke #MusikBagus. Saat mengatakan Brown Sugar akan merilis single, #MusikBagus memberikan tanggapan positif.

"Mereka bilang akan support. Saat saya nanya, mau support apanya, mereka jawab, semuanya kami support. Padahal waktu itu mereka belum mendengar lagunya," kata Arief.

Arief mengatakan, karya ini tidak akan menjadi karya terakhir mereka. Di tahun ini Brown Sugar berencana mengeluarkan tiga atau empat single.

Aldo Sianturi dari #MusikBagus mengatakan, mereka menantikan karya Brown Sugar selanjutnya. "Bagaimana teman-teman dan juga kami menyiapkan lagu-lagu untuk rekaman selanjutnya," kata Aldo.

Ia menambahkan, #MusikBagus tidak akan asal merilis sebuah lagu. Mereka ingin lagu yang diluncurkan benar-benar lagu berkualitas.

Menurut Aldo, kemunculan kembali Brown Sugar akan memberikan dampak. Setelah lama tak terdengar, Brown Sugar yang para personilnya sudah di atas 40 tahun muncul dengan karya baru.

"Ini bisa menjadi pemicu untuk musisi-musisi lainnya," ucap Aldo. (tis)

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help