TribunJabar/
Home »

Video

Banjir

VIDEO: Banjir Baleendah, Warga Tak Punya Pilihan Kecuali Naik Perahu untuk Bepergian

"Banjir di sini mulai sekitar jam delapan, setelahnya anak-anak berangkat sekolah," ujar Amud

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Perahu menjadi kendaraan warga di daerah Cibadak, Ciputat, Muara, Jembatan, Cigosol, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, karena wilayahnya terendam banjir, Sabtu (18/3/2017).

Baik pelajar ataupun orang dewasa terpaksa menggunakan perahu, sebab kendaraan bermotor baik roda empat ataupun roda dua tidak bisa melintas. Sebab banjir di daerah tersebut bannjir mencapai sedapam sekitar 1 meter, dan dan dipemukiman warga lebih dalam mencapai satu meter lebih.

"Banjir di sini mulai sekitar jam delapan, setelahnya anak-anak berangkat sekolah," ujar Amud (51), Warga RT 3/7, Kampung Muara, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung.

Menurut Amud, walau banjir yang menggenang cukup dalam tapi kebanyakan warga tetap tinggal di rumahnya masing-masing tidak mengungsi.

"Kalau pada ngungsi biasanya kalau banjir sudah mencapai satu meter setengah, atau sampai ke atap rumah," ujar dia.

Amud, mengatakan, tidak banjir lagi, untuk itu harus ada pendalaman sungai Citarum.

"Sebab kalu pas surut terlihat Sungai Citarum dangkal, maka harus dikeruk secara menyeluruh jangan hanya sebagian," ucap Amud.

Warga yang beraktivitas, umumnya mereka menggunakan perahu dengan membayar seiklasnya tanpa dipatok tarifnya. Namun ada juga yang memilih jalan kaki, yang berjalan terlihat ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Jembatan Cisangkuy yang memang lebih tinggi digunakan untuk menyimpan kendaraan warga baik motor atau mobil.

"Ini yang ada di jembatan kendaraan yang terselamatkan, kalau yang tidak, ya terendam di rumahnya masing-masing," ujar dia.

Kendaraan yang terparkir di Jembatan tersebut, tidak bisa keluar. Hanya mitor yang bisa menyebrang untuk mencapai ke Jalan Raya Dayeuhkolot Baleendah, itu pun dengan menggunakan jasa perahu. Jadi motor tersebut diangkut menggunakan perahu begitu juga jika ingi ke Ranca Manyar, harus menggunakan perahu hingga Kampung Cibadak. (cc)

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help