Ternyata Ini Martabak Favorit Bondan Winarno ''Maknyus'' di Bandung

BONDAN Winarno, pakar kuliner yang terkenal dengan jargon ''Maknyus'' terlihat di Jalan Burangrang, Kota Bandung, kemarin sore

Ternyata Ini Martabak Favorit Bondan Winarno ''Maknyus'' di Bandung
istimewa
martabak tropica 

BONDAN Winarno, pakar kuliner yang terkenal dengan jargon ''Maknyus'' terlihat di Jalan Burangrang, Kota Bandung, kemarin sore. Apa yang dilakukan penulis yang hobi travelling ini di kota kembang?

Belakangan diketahui bahwa Pak Bondan memang sudah sering dan biasa mampir ke Jalan Burangrang jika sedang berada di Bandung. Ia kerap mendatangi jalan tersebut untuk mencicipi menu-menu baru martabak.

Satu kedai martabak yang sering ia kunjungi adalah Martabak Tropica. Cuaca Bandung kemarin sore baru saja diguyur hujan. Pak Bondan berpendapat sangat pas untuk menikmati kuliner hangat yang sudah akrab di lidah masyarakat Indonesia ini.

Bondan Winarno
Bondan Winarno (istimewa)

Apalagi dari keterangan beliau, di Martabak Triopica sedang ada menu baru. Pria yang kemarin mengenakan kemeja putih ini langsung melahap menu baru yakni martabak berbahan adonan gandum dengan topping sambal lingkung dari ikan tenggiri yang didatangkan dari Pangkal Pinang.

Sedikit memberikan arahan, ia meminta untuk menekan sedikit martabak ketika akan dilahap supaya topping sambal lingkungnya terjaga.

Pakar kuliner yang sangat memperhatikan segi kesehatan ini menyambut baik adanya martabak berbahan adonan dari gandum. Menurutnya gandum kaya akan serat sehingga saat dimulut dan di pencernaan akan terasa berbeda.

"Ini pemikiran yang bagus, kuliner sehat untuk orang yang sehat," ujarnya sambil melahap martabak.

martabak tropica
martabak tropica (istimewa)

Ia juga menyinggung soal gluten free yang menurutnya sangat pas buat mereka yang memperhatikan diet. Seperti diketahui gluten dihasilkan dari tepung terigu yang bisa menempel lama di pencernaan.

"Kalau ini kaya akan serat jadi sangat baik untuk pencernaan," ujarnya.

Ia menyinggung soal topping di martabak gandum yang berbahan sambal lingkung. Meskin namanya sambal, menurutnya abon ikan tenggiri itu tak sedikitpun pedas. Jadi masih bisa dinikmati oleh anak-anak.

Halaman
123
Penulis: fam
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help