TribunJabar/

Santunan PT Jasa Raharja untuk Korban Kecelakaan Naik 100 Persen

Kenaikan santunan karena adanya kenaikan nilai santunan yang memang naik, diharapkan bukan karena penerimanya

Santunan PT Jasa Raharja untuk Korban Kecelakaan Naik 100 Persen
-
PT Jasa Raharja (Persero) sesuai aturan terbaru akan menaikan besaran santunan kepada korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas sebesar 100 %. 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID- PT Jasa Raharja (Persero) sesuai aturan terbaru akan menaikan besaran santunan kepada korban kecelakaan penumpang angkutan umum dan korban kecelakaan lalu lintas sebesar 100 %.

"Kenaikan santunan karena adanya kenaikan nilai santunan yang memang naik, diharapkan bukan karena penerimanya, justru diharapkan kasus kecelakaan lalu lintas berkurang, bahkan kalau bisa zero accident," kata Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Barat, Delya Indra pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Tentang Penanganan Laka Lantas Terpadu antara Direktorat Lantas Polda Jabar dengan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Jawa Barat dengan 66 instansi di Kantor PT Jasa Raharja Cabang Jawa Barat Jalan Soekarno Hatta, Kamis (16/3/2017) .

Ketentuan mengenai peningkatan santunan tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan atau PMK Nomor 15 Tahun 2017 tentang Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Alat Angkutan Penumpang Umum di Darat, Sungai/Danau, Feri/Penyeberangan, Laut, dan Udara. Untuk santunan korban kecelakaan lalu lintas diatur dalam PMK Nomor 16 Tahun 2017 tentang Besar Santunan dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas.

Kedua PMK tersebut merupakan penyesuaian dari PMK Nomor 37 Tahun 2008 dan PMK Nomor 36 Tahun 2008. Materi pokok dari dua peraturan yang diterbitkan antara lain santunan bagi ahli waris korban meninggal dunia naik 100 persen, yaitu dari yang sebelumnya besaran santunan Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta. Besaran santunan serupa juga berlaku untuk korban cacat tetap.
Kemudian santunan biaya perawatan dokter naik sebesar 100 persen dari yang semula Rp 10 juta menjadi Rp 20 juta. Begitu pula besaran santunan biaya penguburan naik dari Rp 2 juta menjadi Rp 4 juta.

"Ketentuan yang berlaku mulai 1 Juni 2017 ini diharapkan Jasa Raharja bisa semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya. (tif)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help