TribunJabar/

Pilgub Jabar 2018

Rieke 'Oneng' Diah Pitaloka Mengaku Siap Maju di Pilgub Jabar, Tapi . . .

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyinggung soal banyaknya pihak yang sudah mendeklarasikan diri maju di Pilkada . . .

Rieke 'Oneng' Diah Pitaloka  Mengaku Siap Maju di Pilgub Jabar, Tapi . . .
DOKUMENTASI/TRIBUN JABAR
Rieke Diah Pitaloka, anggota Komisi IX DPR bidang tenaga Kerja dan Kesehatan

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyinggung soal banyaknya pihak yang sudah mendeklarasikan diri maju di Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar di Pilkada 2018. Anggota parlemen dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (F-PDIP) itu menyebut terlalu dini bicara pencalonan.

"Ayeuna kan masih 2017, isin atuh tebih keneh tos kukurusukan urusan pencalonan Pilkada, ayeuna mah simkuring fokus heula gaduh tanggel waler di DPR-RI (sekarang 2017, malu dong masih lama tapi blusukan urusan pencalonan Pilkada, sekarang saya fokus di DPR saja dulu)," ujar Rieke kepada Tribun melalui ponselnya, Jumat (17/3). Saat ini, yang baru menyatakan diri siap maju sebagai Gubernur Jabar adalah Muhammad Ridwan Kamil yang merupakan Walikota Bandung.

Pada Pilgub Jabar 2013, ia maju berpasangan dengan Teten Masduki. Keduanya meraih suara 28.41 persen atau 5.714.997 terpaut kurang dari 3 persen dari pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar yang meraih suara terbanyak 32.39 persen atau 6.515.313

Pada kesempatan itu, Rieke menyiratkan ihwal kesiapannya maju di ajang Pilkada di Jawa Barat (Jabar) 2018, termasuk jika harus maju di Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar atau di daerah kota kabupaten.

"Sebagai kader partai dimanapun ditugaskan (untuk maju) pasti siap," ujar Rieke yang sempat pamor dalam perannya sebagai Oneng dalam situasi komedi Bajaj Bajuri.

Ia dipilih dari daerah pemilihan Kabupaten Purwakarta, Karawang dan Bekasi pada Pileg 2014-2019 dan meraih suar terbanyak di Jabar sebanyak 255.044 suara, mengalahkan Ade Komarudin dengan suara 167.732 suara yang berasal dari dapil yang sama.

Disinggung soal kesiapannya maju kembali di Pilgub Jabar, ia tidak memungkirinya dengan syarat itu direkomendasikan oleh partai tempatnya bernaung, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

"Mau ditugaskan kembali di pemilihan legislatif, maju di pilkada tingkat I (gubernur) atau tingkat II (kota/kabupaten), atau ditugaskan jadi pengurus partai, siap saja. Tentu saja sesuai mekanisme partai yang berdasarkan AD/ART partai," ujar Rieke. (men)

Penulis: men
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help