Hasyim Muzadi Wafat

Ribuan Pelayat Bergantian Salatkan Jenazah Mantan Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi

Sampai sejauh ini, sudah ada 16 kali giliran shalat jenazah. Setiap satu kali giliran shalat dipimpin oleh imam berbeda.

Ribuan Pelayat Bergantian Salatkan Jenazah Mantan Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi
KOMPAS.com / Andi Hartik
Jenazah KH Hasyim Muzadi saat dishalatkan di Masjid Al-Ghozali Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang, Kamis (16/3/2017) 

MALANG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Ribuan pelayat bergantian menyalatkan jenazah mantan Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi di Masjid Al Ghozali, Pondok Pesantren Al Hikam, Kota Malang, Kamis (16/3/2017).

Kondisi masjid yang tidak terlalu besar dan masih dalam tahap pembangunan membuat ribuan jemaah tidak tertampung untuk melakulan shalat jenazah. Apalagi, sejumlah pelayat terus berdatangan sejak anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu dinyatakan wafat pada pukul 06.15 WIB.

Sampai sejauh ini, sudah ada 16 kali giliran shalat jenazah. Setiap satu kali giliran shalat dipimpin oleh imam berbeda.

Tidak hanya itu, sejumlah pelayat juga diimbau untuk menjalankan shalat jenazah di lantai dua Masjid Al Ghozali.

"Bada zuhur akan diberangkatkan ke Depok. Saya berharap kepada semuanya yang belum shalat jenazah diharap untuk menempati tempatnya sambil menunggu kiai yang akan menjadi imam," kata salah seorang pemandu shalat jenazah untuk Hasyim Muzadi.

Shalat jenazah itu rencananya diakhiri pada pukul 11.00 WIB. Selanjutnya akan dilakukan persiapan untuk pemberangkatan keDepok, Jawa Barat, melalui Bandara Abdulrachman Saleh, Malang, ke Bandara Halim Perdana Kusuma, kemudian dilanjutkan ke Pondok Pesantren Al Hikam Depok, Jawa Barat.

"Sekali lagi saya ulangi, beliau akan dibawa ke Depok bada zuhur. Shalat jenazah akan diakhiri pukul 11," kata pemandu itu.

Tampak sejumlah anggota Banser mengamankan jalannya shalat jenazah untuk Hasyim Muzadi. Hasyim Muzadi akan dimakamkan di Pondok Pesantren Al Hikam 2 Depok, Jawa Barat.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Hasyim Muzadi sempat dijenguk oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (15/3/2017) kemarin. (Kontributor Malang, Andi Hartik/Kompas.com)

Editor: dia
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help