TribunJabar/

Hasyim Muzadi Wafat

Menantu KH Hasyim Muzadi Sebut Tulisan di Secarik Kertas Itu sebagai Wasiat

Menantu Hasyim, Arif Zamhari melihat kertas tersebut sebagai wasiat. Kertas tersebut berisi . . .

Menantu KH Hasyim Muzadi Sebut Tulisan di Secarik Kertas Itu sebagai Wasiat
KOMPAS.com / Andi Hartik
Jenazah KH Hasyim Muzadi saat dishalatkan di Masjid Al-Ghozali Pondok Pesantren Al-Hikam Kota Malang, Kamis (16/3/2017) 

DEPOK, TRIBUNJABAR.CO.ID - KH Hasyim Muzadi meminta secarik kertas berisi pesan yang dituliskannya ditempel di kamar rumahnya di Depok. Rumah Hasyim Muzadi berada di lokasi Pondok Pesantren Al Hikam Depok.

Menantu Hasyim, Arif Zamhari melihat kertas tersebut sebagai wasiat. Kertas tersebut berisi 'istirahatkan dirimu untuk mengatur segala sesuatu yang sudah diatur Tuhan'.

"Sangat dalam sekali pesan beliau. Dia minta ditempel di kamar beliau. Saat itu dilakukan beliau dalam kondisi kurang sehat. Beliau meminta salah satu ustadz, saya pikir itu salah satu wasiat beliau," kata Arif di kediaman Hasyim, Depok, Kamis (16/3/2017).

Arif menceritakan Hasyim bercita-cita mendirikan pesantren Al Hikam di setiap universitas negeri. Contohnya, lokasi pesantren di Malang dan Depok. "Cita-cita beliau mendirikan pesantren yang ada dekat kampus," tutur Arif.

Arif mengingat ajaran Hasyim mengenai hubungan antar manusia. Kemudian, hubungan manusia dengan Tuhan. Lalu hubungan manusia dengan makhluk hidup yang tertuang dalam kitab Al Hikam. 

Arif menuturkan Hasyim lebih banyak tinggal di Depok untuk mengajar. Sedangkan pengajian sebulan sekali di Malang. 

"Dari Malang sudah dimandikan dan sudah disalatkan. Pukul 13.00 WIB sampai disini lalu disalatkan di masjid setelah itu dimakamkan dengan upacara kenegaraan," kata Arif.

(TRIBUNNEWS.COM/Ferdinand Waskita)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help