TribunJabar/

Keakraban Menko Maritim dan Bupati Purwakarta, Luhut: Wah Ini Keren, Bisa Juga Kamu Bikin Begini Ded

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menunjukan keakraban dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

Keakraban Menko Maritim dan Bupati Purwakarta, Luhut: Wah Ini Keren, Bisa Juga Kamu Bikin Begini Ded
tribunjabar/mega nugraha
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bersama Menko Maritim Luhut Binsa Pandjaitan saat berkeliling Museum Diorama Nusantara, Rabu (15/3/2017). 

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menunjukan keakraban dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat berkunjung ke Purwakarta kemarin, Rabu (15/3/2017). Tampak wajar karena keduanya merupakan kader Partai Golkar.

Misalnya saja, saat Luhut menanyakan ihwal penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) di Purwakarta harus integral dengan penertiban KJA di Bendungan Cirata di Cianjur dan Bendungan Saguling di Kabupaten Bandung Barat.

"Kalau Jatiluhur saja yang ditertibkan tapi di atasnya (Saguling dan Cirata) tidak ditertibkan ya airnya tetap terganggu, harus integral penertibannya," ujar Luhut.

Dedi lantas berseloroh.

"Itu bisa pak, asal gubernurnya mau, itu bisa," ujar Dedi seraya ngeloyor. Spontan, Luhut langsung menupuk pundak Dedi dengan tertawa. "Ah bisaan wae kamu Ded (Ah kamu bisa saja)," ujar Luhut yang disambut tawa para tamu.

Momen kedekatannya berlangsung selama pertemuan itu. Termasuk saat meresmikan dan berkeliling Bale Panyawangan Diorama Nusantara, museum digital kedua yang dibangun Pemkab Purwakarta.

"Wah ini keren, bisa juga kamu bikin begini Ded. Ini saya sebelumnya tidak kebayang ada museum secanggih ini di Purwakarta," kata Luhut.

Luhut sempat menaiki replika kereta kencana lengkap dengan layar 3D yang menampilkan seluruh ikon Nusantara mulai dari Jakarta, Aceh hingga Papua. Termasuk berkeliling Purwakarta secara digital. Selain itu menurutnya, keberhasilan Pemkab Purwakarta dalam menjalankan pembangunan tidak terlepas dari peran Bupatinya yang memiliki visi jauh ke depan. Ia terkesan dengan keindahan tata kota dan kebersihan di kabupaten terkecil kedua di Jawa Barat tersebut.

"Model seperti ini saya kira harus dikembangkan juga oleh daerah lain dan saya katakan Kang Dedi berhasil mengolah daerahnya dengan sempurna, bahkan luar biasa karena proporsi pemikiran Dedi ini jauh ke depan," ujar dia.

Pengamat kebijakan publik di Purwakarta, Doni Irawadi menilai kedekatan keduanya bisa diartikan bahwa Dedi dianggap sosok penting di Jawa Barat (Jabar) oleh pemerintahan Jokowi-JK.

"Karena mungkin selama ini progress pembangunan di Purwakarta sangat signifikan, sehingga wajar jika pemerintah pusat memiliki atensi lebih ke Purwakarta," ujar Doni melalui ponselnya.(men)

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help