TribunJabar/

Kisah Kevin Sanjaya dari Juara Tarkam hingga All England

Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil memenangkan All England 2017

Kisah Kevin Sanjaya dari Juara Tarkam hingga All England
AFP/JUSTIN TALLIS /KOMPAS.com
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menjadi juara nomor ganda putra All England 2017 di Birmingham, Minggu (12/3/2017). 

BANYUWANGI, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil memenangkan All England 2017 mengalahkan pasangan Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen, di Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (12/3/2017).

Kemenangan tersebut disambut haru oleh orang tua Kevin Sanjaya Sukamuljo yang tinggal di Desa Sumberayu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Kevin lahir di Banyuwangi 2 Agustus 1995, dan merupakan anak kedua dari pasangan Sugianto (57) dan Niawati (51). 

"Saat pertandingan saya nonton dari rumah berdua dengan mamanya Kevin. Saya sudah ada feeling jika anak saya menang. Mamanya sempat gugup dan ketika tahu menang, kami langsung sujud syukur. Ini berkah bukan hanya untuk keluarga tapi untuk Indonesia," jelas Sugiharto (57), ayah Kelvin saat ditemui Kompas.com Rabu (15/3/2017) di kediamannya.

Lelaki kelahiran Jakarta 12 Agustus 1960 tersebut kemudian menunjukkan piala dan medali yang sudah didapatkan anak keduanya tersebut. Selain piala dan medali, ada pula klipingan koran yang memberitakan tentang anaknya. 

Semua klipingan tersebut tersusun rapi di dalam map berwarna kuning. 

"Semua data tentang Kevin saya kumpulkan di map ini. Lengkap. Kalau ditanya berapa jumlah medali dan pialanya saya nggak hapal. Kalau ini piala pertama saat dia ikut tarkam di Muncar," katanya sambil tersenyum.

Senang Olahraga

Sejak kecil, menurut Sugiharto, Kevin sudah menunjukkan ketertarikannya pada olahraga bulutangkis. Saat masih usia 3,5 tahun, Kevin sering diajak ayahnya untuk bermain bulutangkis di dekat rumahnya.

Saat mencoba pertama kali, Kevin langsung lancar mengayunkan raket. Melihat kemampuan anaknya,lelaki yang akrab dipangggil Gik tersebut memutuskan untuk mencarikan pelatih untuk dua anaknya, Kevin dan Nico, kakak pertama Kevin.

Klub petama yang dipilih adalah PB Putra Jember yan berjarak sekitar 100 km dari rumah mereka yang berada di Kecamatan Muncar Banyuwangi. Untuk menuju kesana dibutuhkan waktu lebih dari dua jam. 

Sugiharto, ayah Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berhasil menjuaraiAll England 2017 bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideondi Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (12/3)
Sugiharto, ayah Kevin Sanjaya Sukamuljo yang berhasil menjuaraiAll England 2017 bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideondi Barclaycard Arena, Birmingham, Minggu (12/3) (KOMPAS.com/Ira Rachmawati)
Halaman
123
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help