TribunJabar/

Kuliner Bandung

Maknyus Pisan Euy . . ! Santap Bakso dan Siomay yang Kaya Rasa

Satu porsi mi bakso spesial berisi tiga butir bakso, satu siomay, satu tahu, mi yamin, pangsit, sayur sosin, babat, dan ceker.

Maknyus Pisan Euy . . ! Santap Bakso dan Siomay yang Kaya Rasa
ISA RIAN FADILAH
Mi Bakso Banda 

Laporan Isa Rian Fadilah

TRIBUNJABAR.CO.ID - SEKALI gigit, rasa ikan tenggiri, ayam, dan udang pada siomay begitu menyeruak di lidah. Teksturnya pun begitu empuk dan pulen. Di dalamnya juga terdapat sedikit sayur wortel, sawi putih, dan kol yang membuatnya segar. Tahu pun tak jauh berbeda dengan siomay yang berukuran sama besarnya. Pada tahu sudah terdapat siomay. Siomay pada tahu ini dibuat dengan bahan yang sama, hanya minus sayur mayur.

Pindah ke mangkuk lainnya, Anda bisa menikmati lezatnya bakso sapi dan pangsit berisi ayam. Baksonya cukup padat yang dibuat dari daging sapi sebanyak 70 persen. Ukurannya tak besar, layaknya bakso yang disajikan pada menu bakmi umumnya. Kulit pangsitnya pun tidak tebal, sehingga penikmatnya bisa lebih merasakan sensasi ayam di dalamnya. Saat bakso dan pangsit dimakan bersama kuah, sensasi gurih dari kaldu ayam ikut terbawa.

Jangan lupakan mi yamin. Mi yamin di sini disajikan dalam porsi yang cukup melimpah, dengan taburan bubuk daging ayam. Yamin bisa disajikan manis atau asin. Bakmi tersebut bisa dinikmati di Mie Bakso Banda. Sudah beroperasi sejak 2002, kedai bakmi ini menawarkan kelezatan bakmi yang begitu mendalam. Pemiliknya, Edi Rusmana, sudah sangat berpengalaman membuat bakmi lantaran ia telah bekerja di resto bakmi selama 30 tahun sebelum membuka kedai sendiri.

Siomay dan tahu di sini bisa dikatakan sebagai ciri khas Mi Bakso Banda. Dibuat sendiri dari ikan tenggiri, ayam, dan udang segar, siomay berukuran besar ini memberikan rasa yang kaya. Bahan-bahan yang segar pun membuat teksturnya pulen dan empuk. Tak hanya siomay dan tahu yang dibuat sendiri. Bakso pun merupakan kreasi sendiri.

"Saya tidak pernah mengubah rasa dari dulu. Paling favorit di sini siomay dan tahunya," ujar Edi Rusmana, saat ditemui di kedainya Jalan Ambon No 13 Bandung, pekan lalu.

Satu porsi mi bakso spesial berisi tiga butir bakso, satu siomay, satu tahu, mi yamin, pangsit, sayur sosin, babat, dan ceker. Porsi tersebut disajikan pada tiga mangkuk. Anda pun bisa meminta porsi yang lebih kecil. Menu tahu siomay kuah pun sebetulnya cukup mengenyangkan. Menu ini terdiri dari satu tahu dan satu siomay berkuah. Menu lainnya seperti bakso pangsit juga bisa dinikmati di sini. Menu ini berisi lima bakso dan lima pangsit berkuah. "Bakso cuma kuat dua hari maksimal. Kalau mi sehari karena tanpa bahan pengawet," katanya.

Dalam sehari saat ramai pengunjung, Mie Bakso Banda mampu menghabiskan hingga 100 porsi bakmi. Menurut Edi, Mie Bakso Banda dikenal baik oleh pelanggan luar kota karena siomaynya. Di akhir pekan kedai tersebut memang kerap dipenuhi pelanggan luar kota.
Lantaran telah begitu lama bergelut dengan usaha bakmi, Edi kerap didatangi pelanggan lama. Bukan rahasia lagi jika bakmi banyak digemari banyak orang. Namun, kedai Mie Bakso Banda memang lebih disukai pelanggan kalangan keluarga. Porsinya yang besar lebih cocok disantap bersama keluarga.

Beragam pilihan menu bakmi di sini bisa dinikmati mulai Rp 18 ribu hingga Rp 31 ribu. Salah satu menu favorit di sini, yakni siomay tahu bisa dinikmati dengan harga Rp 28 ribu.

Mie Bakso Banda bisa dikunjungi setiap hari sejak pukul 08.00 hingga 19.00. (ee)

Informasi seputar kuliner ini juga bisa Anda baca di Tribun Jabar edisi cetak, Selasa (14/3/2017).

Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help