TribunJabar/

Advertorial

Kanker Bukanlah Akhir dari Segalanya

Perjuangan melawan kanker itu perlu kekuatan, keberanian, dan harapan yang melibatkan emosi dan fisik,

Kanker Bukanlah Akhir dari Segalanya
TRIBUN JABAR/ADITYAS ANNAS AZHARI
Klinik kanker Parkway Cancer Centre (PCC) di rumah sakit Mount Elizabeth Novena, Singapura 

SINGAPURA, TRIBUNJABAR.CO.ID - JIKA suatu hari ada sanak saudara, sahabat, atau kerabat Anda divonis kanker, janganlah menambah kecemasan baginya. Kanker bukan akhir kehidupan bagi penderitanya.

"Kanker bukan berarti Anda divonis hukuman mati," kata Vice President Parkway Cancer Centre (PCC), Mr Yeo Kim Seck, kepada sejumlah jurnalis Indonesia di RS Mount Elizabeth Novena, Singapura, Jumat (10/3).

Menurut Yeo, dalam pengobatan kanker, sang pasien jangan dibiarkan dalam kesendirian. Dia harus selalu dalam dukungan orang- orang terdekat dan mendapat perawatan yang tepat.

Parkway Cancer Centre Singapura, melalui CanHOPE, lembaga non-profit yg dikelola PCC, menyediakan layanan konseling dan dukungan menyeluruh bagi pasien penderita kanker.

Melalui pendekatan holistik dalam perawatan pasien kanker, kata Yeo, CanHOPE menyediakan segala informasi medis dan layanan kesehatan lainnya kepada pasien penderita kanker dan pengasuh pasien tersebut. Sehingga pasien dan pengasuhnya tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana menjalani perawatan.

Dalam kesempatan tersebut, Nurse Manager, Tay Sok Har, menambahkan, seseorang pasien kanker jangan sampai mengisolasi diri. Ia harus tetap bersosialisasi seperti biasa.

"Hubungan dengan suami atau istri bahkan tetangga harus seperti biasa. Tetap bekerja, memasak, dan beraktivitas lainnya. Kanker bukanlah penyakit menular," ujarnya.

CanHOPE juga mempunyai program kampanye "I am Cancer Warrior".

"Warrior (prajurit) itu dikenal sebagai sosok pemberani, kuat, dan siap bertarung. Jadi dengan program ini kami memotivasi pasien dan orang-orang tercintanya untuk berani mengatasi dan melawan penyakit kanker yang dideritanya. Perjuangan melawan kanker itu perlu kekuatan, keberanian, dan harapan yang melibatkan emosi dan fisik," kata Yeo.

Menggambarkan keberanian, imbuh Yeo, adalah inisiatif CanHOPE melibatkan publik, pasien, dan orang-orang tercintanya untuk berkreasi melalui gambar atau lukisan dalam melawan kanker. (ary)

Penulis: ary
Editor: mac
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help