TribunJabar/

IKA Unpad Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Tasikmalaya

kerja sama ini terjalin atas keinginan kedua belah pihak dalam hal meningkatkan kapasitas, kompetensi, serta kesejahteraan masyarakat

IKA Unpad Jalin Kerja Sama dengan Pemkab Tasikmalaya
CIPTA PERMANA
Sejumlah pengurus IKA Unpad berfoto bersama dengan perwakilan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya seusai penandatanganan Nota Kesepahaman kerja sama antara IKA Unpad dan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya di Gedung IKA Unpad, Jalan Singaperbangsa Nomor 1, Lebak Gede, Coblong, Kota Bandung pada Jumat (10/3). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

BANDUNG,TRIBUNJABAR.CO.ID - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) menjalin kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dalam hal peningkatan fungsi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman atau MoU bersama Nomor 075/5/Pem/III/2017 atau Nomor 90/E-IKA-UNPAD/MoU/III/2017 oleh Ketua IKA Unpad Periode 2016-2020, Hikmat Kurnia dan Bupati Tasikmalaya UU Ruzhanul Ulum di Gedung IKA Unpad Jalan Singaperbangsa Nomor 1 Lebak Gede, Coblong, Kota Bandung, Jumat (10/3).

Dalam kesepakatan ini kedua belah pihak akan saling bersinergi dalam peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya, yang melingkupi pendidikan dan latihan, bimbingan teknis, konsultasi, workshop, dan seminar, juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Kabupaten Tasikmalaya.

Hikmat Kurnia mengatakan kerja sama ini terjalin atas keinginan kedua belah pihak dalam hal meningkatkan kapasitas, kompetensi, serta kesejahteraan masyarakat dan menjadi solusi permasalahan yang selama ini dialami oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan masyarakat.

"Sebagai organisasi yang membawahi lebih dari 250.000 para alumni yang memiliki potensi yang luar biasa, IKA Unpad melalui LPSDM nya berupaya untuk menjembatani antara kepentingan  Unpad dan Kabupaten Tasikmalaya, dengan harapan akan saling bersinergi untuk kedua belah pihak dalam hal mendapat manfaat dari berlangsungnya kerjasama ini" ujar Hikmat ditemui seusai kegiatan penandatangan Nota Kesepahaman IKA Unpad - Pemkab Tasikmalaya, kemarin.

Hikmat menambahkan dalam kerjasama ini para alumni Unpad akan mentransfer segala ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui pelatihan-pelatihan dan pendampingan untuk kemajuan Pemkab Tasikmalaya. Sehingga Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Tasikmalaya dapat lebih profesional dalam berkinerja, setelah mendapat kontribusi bantuan dari para alumni Unpad.

"MoU ini berlangsung selama satu tahun sebagai tahap awal saling mengenal dan memahami serta menyesuaikan sinergi kepentingan masing-masing, antara kepentingan Pemkab Tasikmalaya dan Unpad yang bukan tidak mungkin dapat kembali diperpanjang sesuai dengan kebutuhan dan kesepakatan kedua belah pihak," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kasubbag Kerjasama dan Otonomi Daerah Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Doni selaku perwakilan pemerintah Tasikmalaya, menyebut IKA Unpad selaku pihak ketiga yang berbadan hukum telah memenuhi syarat secara administrasi dan formal, tentunya dari kerjasama ini, segala usulan dari IKA Unpad akan di bahas di Tim Koordinasi Kerjasama Daerah (TKKSD) yang kemudian akan diusulkan kepada Bupati Tasikmalaya.

"Salah satu bentuk dari kerjasama ini, misalnya, IKA Unpad memberikan penawaran untuk pelatihan atau seminar terkait pengelolaan keuangan, maka kami akan dorong pihak-pihak yang memang berkompeten atau SKPD yang mengharuskan untuk menguasai bidang tersebut agar mampu menerapkan dan mengaplikasikan apa yang diperoleh guna kemajuan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan masyarakat," ujarnya kepada Tribun.

Pihaknya pun berharap melimpahnya sumber daya para alumni IKA Unpad mampu berkontribusi dalam hal pengembangan penelitian, pendidikan maupun pelatihan lainnya, bidang ASN maupun di bidang lainnya di Kabupaten Tasikmalaya. (dd)

Penulis: Cipta Permana
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help