TribunJabar/

Pohon Tumbang

Pohon Beringin Tua Tumbang Timpa Gedung Pusat Kebugaran

Bukan hanya pohon beringin, pohon bunut berdiameter 1,5 meter tidak jauh dari pohon beringin itu pun ikut tumbang.

Pohon Beringin Tua Tumbang Timpa Gedung Pusat Kebugaran
TRIBUN JABAR / DIAN NUGRAHA RAMDANI
Pohon beringin tua tumbang menimpa Gedung Pusat Kebugaran, Sasak Gym di Gang Mawar, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan/Kabupaten Cianjur‎, Rabu (8/3/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Dian Nugraha Ramdani

CIANJUR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Ketika akan mengambil air wudlu untuk salat Tahajud, H Erboni Kabul (63) dikejutkan bunyi dentuman dari arah barat rumahnya. Bunyi yang mengagetkan itu terjadi sekitar pukul 02.00, Rabu (8/3/2017).

Setelah melihat ke luar rumah,  pria kelahiran Jambi itu baru mengetahui bunyi dentuman keras itu ternyata bunyi pohon beringin berusia lebih dari 100 tahun yang tumbang di pinggiran Sungai Cianjur.

Pohon itu berada sekitar 10 meter dari rumahnya, di kawasan Sasak, Gang Mawar RT05/02 Kelurahan Sawahgede Kecamatan Cianjur.

"Seperti suara tabrakan, bukan keras lagi suaranya, beledug (meledak) begitu," ujar Erboni saat ditemui di teras rumahnya sambil menyaksikan proses evakuasi pohon.

Pohon beringin berdiameter sekitar 5 meter dengan ketinggian sekitar 30 meter itu tumbang menimpa bagian kanan gedung pusat kebugaraan Sasak Gym.

Pohon itu tumbuh di seberang gedung tepat di tanah Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bukan hanya pohon beringin, pohon bunut berdiameter 1,5 meter tidak jauh dari pohon beringin itu pun ikut tumbang. Akibatnya, sepertiga lebar sungai tertutupi material tanah dan akar pohon.

Dadan (32) Satpam PUPR yang piket semalam mengatakan setelah mengecek lokasi pohon itu, dia langsung memberi kabar ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur.

"Kejadiannya pukul 02.00, saya telepon BPBD untuk melaporkan peristiwa ini," ujarnya.

Siang ini, sejumlah petugas dikerahkan untuk mengevakuasi pohon. Dua orang membawa gergaji mesin berada di pucuk pohon untuk memangkas cabang-cabang pohon mulai dari atas. (ram)

Penulis: Dian Nugraha Ramdani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help