Merasakan Seperti Ini? Segera Periksakan Diri ke Puskesmas

"Penyakit tersebut banyak diderita di cuaca seperti saat ini," ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Perawatan RSUD Kota Bandung,

Merasakan Seperti Ini? Segera Periksakan Diri ke Puskesmas
Tribun Jateng
Ilustrasi 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Sebagian besar pasien yang berobat jalan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung di Ujungberung adalah penderita diare.

"Penyakit tersebut banyak diderita di cuaca seperti saat ini," ujar Kepala Bidang Pelayanan dan Perawatan RSUD Kota Bandung, Henny Chaerani, di kantornya, Senin (6/3/2017).

Menurut Henny, diare itu bisa terjadi karena kebiasaan kurang baik, seperti tidak cuci tangan sebelum makan, mencuci makanan tidak bersih, dan meminum air dari sumber air yang tercemar bakteri.

"Sebab di area banjir adakalanya kekuranagn air bersih, sehingga baik air yang digunakan memasak atau mencuci tangan tidak bersih karena alirannya tercemar," katanya.

Henny juga mengingatkan dengan cuaca seperti ini, harus lebih hati-hati sebab biasanya dengan turunnya hujan bisa banyak lalat yang bisa menularkan bakteri.

Selain diare, pasien yang datang berobat jalan adalah penderita dengue fever dan asma.

Menurut Henny, penderita dengue fever akan mengalami demam akibat dari virus yang ditularkan nyamuk.

"Ini bukan penyakit DBD, belum sampai DBD, dengue fever penderita hanya masih mengalami demam namun trombositnya, tidak turun seperti DBD," ujar Henny.

Penyakit dengue fever juga berasal dari perilaku manusia itu sendiri yang tidak bisa menjaga lingkungannya, seperti tidak menguras penampungan air dengan rutin, membuang sampah sembarangan dan yang lainnya.

Henny menyarankan jika sudah merasa demam, mual, perut tidak enak, mulas-mulas selama 3 hari dan tidak sembuh dengan obat yang dijual bebas, secepatnya periksakan diri ke Puskesmas. (cc)

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin
Editor: guy
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help