Pergerakan Mata Uang

Rupiah Akan Melemah Tipis

pekan lalu nilai tukar dollar AS sempat melemah terhadap rupiah. Pasalnya, saat itu pelaku pasar masih menilai rencana kenaikan suku bunga AS

Rupiah Akan Melemah Tipis
KOMPAS/PRIYAMBODO
RUPIAH DOLAR 

JAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - Pekan ini dollar AS diprediksi menguat dan rupiah melemah. Kondisi ini juga bakal membuat harga komoditas turun. "Harga komoditas yang turun akibat sikap pasar yang wait and see FOMC dua minggu mendatang akan membebani rupiah," ujar David Sumual, Ekonom Bank Central Asia.

Asal tahu saja, banyak pengamat menilai kenaikan suku bunga AS di Maret sudah hampir pasti. Analis Goldman Sachs Jan Hatzius dalam risetnya menyatakan, probabilitas kenaikan suku bunga AS di rapat FOMC Maret kini mencapai 95%.

Sedikit kilas balik, pekan lalu nilai tukar dollar AS sempat melemah terhadap rupiah. Pasalnya, saat itu pelaku pasar masih menilai rencana kenaikan suku bunga AS masih diselimuti ketidakpastian. "Tidak heran bila USD sempat melemah akhir pekan lalu," kata Suluh Adil Wicaksono, analis Cerdas Berjangka Indonesia.

Tapi di akhir pekan, rupiah melemah. Jyrs spot rupiah Jumat (3/3) lalu tergelincir 0,19% ke Rp 13.383 per dollar AS. Kurs tengah rupiah Bank Indonesia juga merosot 0,10% menjadi Rp 13.375 per dollar AS.

Meski indikasi kenaikan suku bunga AS menguat, pengamat menilai kurs rupiah masih akan bergerak dalam kisaran terbatas. "Secara fundamental ekonomi Indonesia sehat, ini bisa jadi daya tahan," imbuh Suluh.

Nilai tukar dollar AS juga berpotensi tertekan bila AS merilis angka pemesanan ke pabrik di Januari. Konsensus pengamat memprediksi, pemesanan ke pabrik di AS Januari lalu cuma tumbuh 1,1% . Sementara di Desember pertumbuhannya 1,3%.

"Data ekonomi Jepang yang akan dirilis bisa sedikit berpengaruh pada mata uang Asia seperti rupiah, tapi sifatnya terbatas," tambah David. Selain itu, jika harga komoditas rebound, rupiah bisa menguat terbatas.

Karena itu, David memprediksi hari ini (6/3) rupiah akan melemah tipis dan bergerak di kisaran Rp 13.360-Rp 13.430 per dollar AS. Sementara Suluh memprediksi rupiah akan menguat dan bergerak di kisaran Rp 13.300-Rp 13.395 per dollar AS. (kontan)

Editor: ary
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help