Boleh Ikut Tren Diet, Asal Tidak Lama-lama

Kalau makanan yang mengandung nutrisi karbohidrat dan lemak dihilangkan sama sekali, justru bahaya.

Boleh Ikut Tren Diet, Asal Tidak Lama-lama
web
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.CO.ID - Banyak orang yang tertarik mengikuti tren diet masa kini. Misalnya diet rendah lemak, diet mayo, diet rendah karbohidrat, dan diet-diet lainnya.

Kita ambil contoh saja diet rendah karbohidrat dan diet rendah lemak. Boleh-boleh saja ikut tren diet ini. Tapi, sebenarnya, kalau ditilik dari dunia kesehatan, kedua jenis diet ini tidaklah terlalu disarankan kalau dilakukan dalam waktu jangka panjang.

Hal ini karena keduanya, baik lemak maupun karbohidrat merupakan nutrisi yang tidak bisa tidak dipenuhi bagi tubuh. Boleh sih, sedikit kompromi, asalkan mengikuti syarat.

“Boleh-boleh saja dilakukan sebagai diet modifikasi, jika sudah merasa stagnan terhadap pola makan biasanya, namun dalam waktu yang dibatasi,” jelas Dr. Inge Permadhi, Dokter Spesialis  Gizi Klinik di Jakarta.

Kadang-kadang orang bisa saja bosan terhadap pola makan yang itu-itu saja. Atau merasa segala upaya diet ternyata tidak bikin kurus juga. Maka sah saja melakukan modifikasi, asal jangan sampai kekurangan nutrisi. Perlu diingat, prinsip diet adalah jangan sampai kekurangan nutrisi.

Setidaknya, untuk diet rendah karbohidrat, mengurangi atau menghindari makanan yang manis, tepung-tepungan, dan nasi. “Tapi tetaplah konsumsi makanan pokok yang berserat, termasuk sayur dan buah, sebab kandungan karbohidrat juga terdapat di situ,” kata Inge lagi.

Bagi mereka yang melakukan diet rendah lemak, berarti mengurangi atau menghindari makanan-makanan yang digoreng. Namun, bukan berarti harus memusuhi sumber lemak baik, seperti ikan dan biji-bijian.

Mirisnya, masih banyak orang yang melakukan diet secara brutal dengan memusuhi jenis-jenis nutrisi itu. Misalnya, diet yang menganjurkan konsumsi satu jenis makanan tertentu saja.

Kalau makanan yang mengandung nutrisi karbohidrat dan lemak dihilangkan sama sekali, justru bahaya. Apalagi kalau cuma makan satu jenis makanan tertentu, tubuh tidak lagi mendapatkan kebutuhan akan serat, vitamin, dan mineral. Kurus sih memang kurus, tapi tidak sehat. Buat apa? (*)

Editor: rie
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help