TribunJabar/

Advertorial

Walikota Banjar Pimpin Upacara Hari Jadi ke-14 Kota Banjar Tahun 2017

Walikota Banjar dalam Sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Hari Jadi yang ke-14 ini merupakan saat tepat bagi semua untuk melakukan evaluasi

Walikota Banjar Pimpin Upacara Hari Jadi ke-14 Kota Banjar Tahun 2017
ISTIMEWA
Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si seusai memimpin langsung Upacara Hari Jadi Kota Banjar ke-14 Tahun 2017. 

BANJAR, TRIBUNJABAR.CO.ID - Bertempat di Taman Kota Lapang Bhakti Banjar, Walikota Banjar, Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si memimpin langsung Upacara Hari Jadi Kota Banjar ke-14 Tahun 2017, yang dihadiri juga oleh Wakil Walikota Banjar, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kota Banjar, Walikota periode 2003-2013, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pejabat Sipil, TNI, Polri, para Kepala Desa, Alim Ulama, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta Tamu Undangan lainnya, Senin (20/2/2017).

Sebelum upacara dimulai Walikota meresmikan penggunaan Water Dispenser inovasi baru dari PDAM berupa air siap minum langsung dari kran yang telah dipasang dibeberapa tempat umum di Kota Banjar yang diantaranya di Tamkot, Alun-Alun, Pendopo, dan Water Park.

Walikota Banjar dalam Sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Hari Jadi yang ke-14 ini merupakan saat tepat bagi semua untuk melakukan evaluasi dan introspeksi sudah sejauh mana kita berbuat dan berkarya untuk Kota Banjar, sehingga menjadi sumber motivasi untuk bekerja lebih keras lagi membangun Kota Banjar, saat bersejarah ini sepantasnya kita mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pejuang Kota Banjar yang telah berjasa sehingga Kota Banjar dapat berdiri dengan ditetapkannya undang-undang nomor 27 tahun 2002 tentang pembentukan Kota Banjar di Provinsi Jawa Barat dan mencapai kondisi sebagaimana yang kita rasakan saat ini, mudah-mudahan segala jasa dan pengabdianya dibalas yang setimpal oleh  Alloh SWT (amin).

Beliau juga mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada seluruh komponen masyarakat, kaum intelektual dan profesional lainnya, yang telah berperan aktif, menyampaikan aspirasi dan harapannya dalam menentukan arah pembangunan Kota Banjar serta bersama–sama merealisasikannya sebagai wujud rasa memiliki dan tanggung jawabnya untuk membangun daerah sendiri sehingga berkembang sejajar dengan Kabupaten/ Kota lain khususnya di jawa barat umumnya di Indonesia.

Tema Hari Jadi ke-14 Kota Banjar yaitu “ Tigin Ngawangun Geusan Karaharjaan Wargana Lahir Bathin” ( semangat membangun untuk mensejahterakan masyarakat lahir bathin ), dengan tema ini diharapkan kita sebagai warga Kota Banjar dapat lebih bersemangat dan terus bekerja keras untuk melaksanakan pembangunan dan memperkokoh pondasi yang akan menjadi landasan yang kuat dalam pencapaian tujuan di masa yang akan datang yaitu mensejahterakan masyarakat Kota Banjar lahir maupun bathin.

Peringatan Hari Jadi ke-14 Kota Banjar Tahun 2017 ini merupakan tahun ke-empat masa jabatan Walikota, Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si dan Wakil WaliKota, drg. H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes yang patut di syukuri dalam upaya pembangunan Kota Banjar untuk mewujudkan masyarakat sejahtera ini sudah dan sedang kita laksanakan bersama yang sampai saat ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pemerintah selalu berupaya untuk memenuhi aspirasi dan tuntutan masyarakat yang menginginkan perubahan kearah yang lebih baik melalui berbagai kebijakan dan inovasi-inovasi di setiap Organisasi Pemerintahan terutama yang berhubungan dengan pelayanan publik serta untuk menunjang visi misi Kota Banjar tahun 2014-2018, adapun visi Kota Banjar “Dengan iman dan taqwa kita wujudkan masyarakat ota Banjar yang gamis, mandiri dan sejahtera menuju Banjar gropolitan”, untuk mewujudkan visi tersebut, Kota Banjar mengemban 4 (empat) misi yaitu:

meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM);meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi (LPE);meningkatkan kualitas lingkungan hidup;meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum serta tata kelola pemerintahan secara profesional untuk menjamin terciptanya good governance dan clean goverment

Upaya mewujudkan misi pertama, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM); strategi pembangunan yang ditempuh diantaranya meningkatkan kualitas pendidikan, melalui pendidikan gratis sampai jenjang SLTA ( Banjar Cerdas ), Pembangunan Banjar Convention Hall, Balai Latihan Kerja serta Gedung Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan. Bidang kesehatan diantaranya pelayanan dasar kesehatan di puskesmas dibiayai oleh Pemerintah, kartu banjar sehat diperuntukkan bagi warga kurang mampu dimana rawat jalan dan rawat inap untuk kelas III dibiayai Pemerintah baik di RSUD maupun di rujukan ke RSU propinsi, pembangunan puskesmas dan tempat perawatan, diantaranya puskesmas pataruman 2, puskesmas poned dan juga ditunjang oleh beberapa inovasi diantaranya program inovasi Candu Asmara ( Becak Posyandu Angkutan Swadaya Masyarakat) yaitu inovasi menuju masyarakat sehat di Kelurahan Mekarsari, dan pada tahun 2016 mendapat Penghargaan Top 99 inovasi pelayanan publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi. kemudian inovasi RW rajawali hiber ( masyarakat banjar wujudkan lingkungan hijau dan bersih ) merupakan pengembangan program RW siaga aktif, yang merupakan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, kemauan dan kemandirian untuk mengatasi kesehatan secara mandiri, program ini selain menyentuh aspek kesehatan juga aspek ekonomi.

Untuk mewujudkan misi kedua, Pemerintah Kota Banjar membangun pasar Muktisari di Langensari dan pasar Karangtaruna di Pataruman, mengembangkan potensi wisata di Kota Banjar diantaranya Situ Leutik, Curug Penganten, Situ Mustika, Bukit Pejamben, dan masih banyak yang lainnya yang masih perlu digali potensinya,  sehingga dapat meningkatkan daya tarik investasi daerah ditunjang juga dengan inovasi perijinan cepat dan hemat biaya. sehingga pada tanggal 30 mei 2016, Pemerintah Kota Banjar mendapat Penghargaan Invesment Award Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kota terbaik ketiga se-Indonesia tahun 2016 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal  RI.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help