TribunJabar/

Mengenal Hypnoparenting, Cara Tenangkan Si Kecil Saat Rewel dan Menangis

Metode ini memiliki prinsip di mana semua yang dikatakan orangtua adalah proses hipnosis karena terpola pada pikiran bawah sadar anak.

Mengenal Hypnoparenting, Cara Tenangkan Si Kecil Saat Rewel dan Menangis
istimewa
Mengenal hypnoparenting 

TRIBUNJABAR.CO.ID -- Pada dasarnya hypnoparenting merupakan metode yang sederhana dan memang membutuhkan waktu agar efektif. Dalam metode ini orangtua harus lebih sering mengungkapkan kata-kata yang positif pada anak. Menurut Ariesandi Setyono, dari Indonesia Hypnosis Center, metode ini memiliki prinsip di mana semua yang dikatakan orangtua adalah proses hipnosis karena terpola pada pikiran bawah sadar anak. “Sebenarnya tidak ada sesuatu yang benar-benar baru di sini karena tanpa disadari orangtua telah melakukan proses hipnosis pada si kecil sejak lama. Hanya saja apakah hipnosis yang kita masukkan ke dalam pikiran bawah sadarnya positif atau negatif,” ujarnya.

Sayangnya banyak orangtua yang sering menakut-nakuti anak misalnya “Jangan main di luar rumah, banyak hantu.” Cara ini adalah cara yang perlu dihindari dalam membuat anak jadi penurut. Kata-kata seperti ini juga disebut hipnosis namun negatif.  Selain itu, Ibu juga perlu memberikan contoh pada anak karena kata-kata tidak akan efektif jika Ibu tidak melakukan hal yang sama. Lalu, bagaimana caranya untuk melakukan metode ini?

Saat berkomunikasi dengan anak, sebaiknya Ibu memilih kata-kata yang membangun dan berdampak positif. Jangan lupa kembangkan harga diri anak dengan pujian. Namun, jangan berikan pujian yang berlebihan, cukup berikan pemahaman pada anak bahwa yang ia lakukan adalah hal yang benar. Bahasa tubuh dan nada bicara juga penting dalam melakukan metode hypnoparenting. Seperti contoh Ibu Kirana mencoba tetap tenang agar  Kirana juga bisa tenang. Ibu kini bisa mencoba metode ini agar si kecil jadi penurut dan terjalin komunikasi yang baik antara Ibu dan anak.(*)

Editor: Ferri Amiril Mukminin
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help