TribunJabar/

Wisata Jabar

VIDEO - Ini Pertunjukan Air Mancur Sri Baduga Dilihat dari Udara

Menteri Pariwisata Arif Yahya menyebut pertunjukan air mancur Sri Baduga di Kabupaten Purwakarta masuk kategori top five

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

PURWAKARTA, TRIBUNJABAR.CO.ID - KOTA kecil bernama Purwakarta kini bertransformasi menjadi kota yang setiap akhir pekan selalu sibuk didatangi wisatawan dari luar. Apalagi kalau bukan karena pertunjukkan Air Mancur Sri Baduga, yang sudah dibangun sejak 2014.

Hingga kini, air mancur sudah berbenah hingga tiga kali renovasi. Pada peresmian air mancur tahap III, Sabtu (18/2/2017) yang dihadiri Menteri Pariwisata Arif Yahya, puluhan ribu warga berjubel di kawasan itu.

Pada renovasi tahap III ini, menghadirkan tempat duduk berbentuk mini tribun. Tribun pertama tepat di pinggiran danau dan satu lagi berada di jogging trek di area situ. Selain itu menambah aqua screen di tengah situ hingga berjumlah tiga. Lalu satu lagi terowongan air.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjelaskan konsep pembangunan secara ideal tanpa berpijak pada kultur dan tradisi dalam berkebudayaan, bangsa Indonesia terkenal karena kulturnya, karena kebhinnekaannya, ini bisa menjadi daya tarik pariwisata.

"Air Mancur Sri Baduga ini jadi mungkin karena dibarengi ikhtiar dan konsisten kerja, kerja, kerja. Seperti apa yang dikatakan pak Presiden RI Joko Widodo," ujar Dedi.

Ia mempersembahkan air mancur terbesar di Asia Tenggara ini untuk warganya tercinta. "Saya persembahkan air mancur Sri Baduga untuk masyarakat Purwakarta tercinta, Purwakarta Istimewa," ujar Dedi. Gradasi warna Air Mancur Taman Sri Baduga, imbuh Dedi, merupakan hasil perenungan terhadap nilai kebhinnekaan yang eksis di kabupaten yang ia pimpin.

Menteri Pariwisata Arif Yahya menyebut pertunjukan air mancur Sri Baduga di Kabupaten Purwakarta masuk kategori top five (5 terbaik) even wisata Indonesia tahun ini, selain destinasi di Bali dan sekitarnya.

"Kami sudah melakukan penilaian, Air Mancur Sri Baduga ini jadi top five destinasi terbaik di Indonesia," ujar Arif.

Ia mengaku terkejut dengan pembangunan air mancur karena kehadirannya yang diyakini terbesar di Asia Tenggara ini, berada di tengah-tengah pasar wisata terbesar, Jakarta dan Bandung yang dihubungkan tol Cipularang sepanjang 150 km. Purwakarta kata dia, tepat berada di tengah-tengahnya.

"Ini juga membanggakan karena wisata air mancur ini dibangun dengan nafas kebudayaan tanah air. Dan itu wajar karena pak bupati (Dedi Mulyadi) menyabet Maestro Seni Tradisi dari Mendikbud belum lama ini," katanya. (men)

Penulis: men
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help