TribunJabar/

Pilgub Jabar

PKS Buka Peluang Bagi Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar Maju di Pilgub Jabar

Sudah ada calon dari internal PKS, tapi PKS tetap membuka peluang untuk mencalonkan kandidat gubernur dari luar PKS.

PKS Buka Peluang Bagi Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar Maju di Pilgub Jabar
TRIBUN JABAR/TIAH SM
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil 

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Fungsionaris PKS Jawa Barat Sadar Muslihat mengakui nama-nama yang muncul di internal PKS untuk diusung menjadi kandidat calon gubernur Jawa Barat tersebut tak jauh dari nama-nama yang muncul dari hasil survei sejumlah lembaga survei.

Sebelumnya, beberapa lembaga survei seperti Instrat melansir hasil survei mereka yang diadakan pada akhir 2016 lalu. Terdapat tiga nama yang muncul dan dianggap layak maju sebagai calon gubernur/wakil gubernur dari internal PKS.

Ketiga nama tersebut yaitu Netty Prasetyani Heryawan (istri Gubernur Ahmad Heryawan), Tate Qomarudin (mantan Ketua DPW PKS Jabar) dan Haris Yuliana (Wakil Ketua DPRD Jabar).

"Enggak jauh-jauh dari yang muncul. Dari internal ada Pak Tate Qomarudin, ada Pak Haris, ada Bu Netty," kata Sadar kepada Tribun di Bandung, Senin (20/2).

Nama-nama yang muncul dari internal PKS itu, selanjutnya akan disurvei dan digodog oleh internal PKS. Di samping itu, mereka juga didorong untuk berkiprah sesuai dengan kapasitas dan tugasnya masing-masing yang diharapkan dapat meningkatkan popularitas dan elektabilitas ketiganya.

Meski demikian, kata Sadar, PKS tetap membuka peluang untuk mencalonkan kandidat gubernur dari luar PKS. Ia menyebut sudah ada dua nama yang mencuat, yakni Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar.

"Keduanya (Ridwan dan Deddy Mizwar) punya historikal dengan PKS. Jadi kita enggak berat lagi membangun kerjasama," ungkap Sadar yang juga anggota DPRD Jabar.

PKS memang pernah menjalin kerjasama dengan keduanya. PKS yang berkoalisi dengan Gerindra adalah dua partai yang mengantarkan Ridwan Kamil sebagai Wali Kota Bandung. Begitu pun dengan Deddy Mizwar. PKS menggandeng Deddy Mizwar sebagai Wakil Gubernur Jabar untuk mendampingi kader PKS Ahmad Heryawan pada pilgub 2013 lalu.

Kerjasama itu pun berhasil mengantarkan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 dan masih menjabat hingga saat ini.

"Kerjasama yang telah dibangun dengan keduanya, menjadi modal PKS. Artinya kita bisa dengan mudah saling memahami. Paling enggak PKS sudah punya (chemistry) berapa persen. Jadi kita enggak akan jauh dari kedua tokoh itu," tambah dia. (zam)

Penulis: zam
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help