TribunJabar/
Home »

Fiksi

» Cerpen

Cerpen Ida Fitri

Ruh Saman

DI bawah hujan, Puteh terus menari. Tangan dan dada ditepuk, silih berganti. Gerak guncang, kirep, linggang, dan surang-saring ia lakukan

Ruh Saman
ILustrasi Ruh Saman 

DI bawah hujan, Puteh terus menari. Tangan dan dada ditepuk, silih berganti. Gerak guncang, kirep, linggang, dan surang-saring ia lakukan dengan sempurna. Ada rasa asin melindap di sudut bibir, air mata dan air hujan telah menyatu. Gadis itu terus menari diiringi tabuhan petir. Ia tak peduli jika badan disambar geledek. Ruh dan raga hanya ingin menarikan saman, mewarisi segala milik Abu.

Dari seuramoe reungeun mata Syeh Lah Geunta menatap tak berkedip. Berkali ia mendesah panjang, "Duhai, Inong, apa yang harus kulakukan untukmu?"

Lelaki itu bangkit, kemudian merunduk keluar dari pintu yang sedikit lebih rendah dari kepalanya. Anak tangga sudah menunggu lelaki lima puluhan itu. "Lah Keubat, kau tidak seharusnya mati begitu cepat. Kau seharusnya tidak menidurkan putrimu dengan rengum-rengum saman. Dan sekarang anakmu itu telah menjadi gila."

Petir menyambar-nyambar. Lelaki itu tak peduli pada langit yang menyiramkan air ke atas kepala. Ia terus berjalan ke halaman, di mana Nyak Puteh masih saja menari. Sekuat tenaga ia menyeret gadis itu. "Sudah, Inong. Hentikan."

Puteh meronta sekuat tenaga. Tapi lelaki itu adalah Syeh Saman yang sangat kuat dan disegani. Tenaganya beberapa kali lebih kuat dari gadis yang menginjak dewasa itu. Ia menyeret gadis tersebut ke bawah rumah yang disangga 24 tiang setebal 30 cm itu.

"Kau akan segera menikah, Inong." Suara Lah Keubat terdengar berat dan mengancam.

"Tidak, Abu Wa. Aku belum ingin menikah." Puteh membalas diiringi isakan lirih. "Izinkan aku menari, Abu Wa."

"Inong, Saman bukan untuk perempuan. Sadarlah, Inong. Orang-orang menyebutmu pungo."

Perempuan itu menunduk. Hujan pun telah reda. Hanya isak tangis terdengar lirih.

**

Halaman
1234
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help