TribunJabar/

Sorot

Menjadi Pelayan Bukan Raja

TRIBUN Jabar edisi Rabu 15 Februari menurunkan berita headline berjudul Duka Warga di Dekat Istana. Berita ini . . .

Menjadi Pelayan Bukan Raja
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Deni Ahmad Fajar, Wartawan Tribun Jabar 

Oleh: Deni Ahmad Fajar, Wartawan Tribun Jabar

TRIBUN Jabar edisi Rabu 15 Februari menurunkan berita headline berjudul Duka Warga di Dekat Istana. Berita ini mengungkap penderitaan warga, khususnya anak-anak, Kampung Babakan Pasantren, Desa Kubang, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, yang harus bertaruh nyawa setiap kali berangkat dan pulang sekolah. Anak-anak kampung tersebut harus menyeberangi Sungai Cibeet untuk tiba di sekolah mereka.

Nyawa anak-anak kampung Babakan Pasantren dan kampung-kampung lain yang wilayahnya dibelah Sungai Cibeet, makin terancam di musim hujan. Pasalnya di musim hujan, mereka harus ekstra hati-hati ketika menyeberang Sungai Cibeet, pasalnya volume air sungai ini naik dan arusnya deras. Sekali lengah, nyawa mereka taruhannya.

Namun tidak ada pilihan bagi warga Kampung Babakan Pasantren dan kampung-kampung lain di Kecamatan Sukaresmi, Kecamatan Cianjur, mereka harus berani menyeberangi Sungai Cibeet, pasalnya tidak tersedia sarana jembatan di sungai tersebut.
Ironisnya, apa yang dialami warga Kampung Babakan Pasantren, Kecamtan Sukaresmi, luput dari perhatian Pemerintah Kabupaten Cianjur. Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengaku tidak mengetahui kondisi dan penderitaan warga di kampung-kampung, di Kecamatan Sukaresmi.

Walaupun berada di wilayah Kabupaten Cianjur, Kecamatan Sukaresmi, tidak jauh dari Istana Bogor. Pasalnya Kecamatan tersebut berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Kecamatan Sukaresmi hanya berjarak 16 Km dari Istana bogor yang sering dikunjungi Presiden Joko Widodo. Namun karena kondisi jalannya buruk, butuh sekitar dua jam untuk tiba di Kampung Babakan Pasantren dan kampung-kampung lain di Kecamatan Sukaresmi.

Tiga hari setelah diberitakan Tribun, Pemerintah Kabupaten Cianjur menyatakan segera membangun jembatan di Sungai Cibeet, agar warga Kampung Babakan Pasantren dan kampung-kampung lain di Desa Sukamahi dan Desa Kubang, di Kecamatan Sekaresmi, tidak lagi bertaruh nyawa di Sungai Cibeet saat melakukan aktivitas sehari-hari.

"Ini (jembatan) harus segera dibangun karena masyarakat benar-benar membutuhkan. Anak- anak sekolah setiap hari menerjang bahaya untuk sampai ke sekolah mereka," ujar Miftahul Falah, petugas teknis Balai PUPR Kecamatan Pacet yang membawahi Sukaresmi, Pacet, dan Cipanas, kepada Tribun, Jumat (17/2).

Menurut Miftah, Pemerintah Kabupaten Cianjur menganggarkan dana Rp 2 miliar untuk membangun jembatan permanen di atas Sungai Cibeet.

Apa yang terjadi di Desa Sukamahi dan Desa Kubang sebenarnya banyak terjadi di daerah- daerah lain yang terpencil nun jauh di pelosok. Bila di daerah yang dekat dengan Istana Bogor saja kondisinya seperti itu, bagaimana pula di daerah-daerah terpencil yang tidak tercatat di peta.

Pada titik ini, pejabat daerah harus banyak turun ke pelosok, blusukan untuk melihat kondisi daerah dan nasib warganya. Jangan sampai pejabat daerah mengetahui kondisi daerah dan nasib warganya setelah diekspos media.

Pejabat atau siapa pun mereka yang sedang berkuasa, baik yang di daerah atau yang di pusat pemerintahan, seharusnya sadar bahwa mereka adalah pelayan rakyat dan bukan raja. Ini juga harus digarisbahawi oleh mereka yang tengah berkompetisi merebut kekuasaan di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, melalui pemilihan kepala daerah serentak yang digelar 15 Februari lalu.

Mereka yang terpilih jadi gubernur, bupati, dan wali kota, jangan sekali pun merasa, apalagi mengklaim, jadi raja. Harus diingat, ketika mereka mengincar jabatan gubernur, bupati, dan wali kota, pada saat itu pula mereka harus menyiapkan diri jadi pelayan masyarakat, seperti peran yang juga diemban ketua RT, ketua RT, dan juga presiden. ***

Naskah ini juga bisa Anda baca di koran Tribun Jabar edisi Sabtu (18/2/2017).

Penulis: daf
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help